5 Cara mencegah mata minus pada anak, orang tua perlu tahu

Senin, 15 November 2021 | 11:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Cara mencegah mata minus pada anak, orang tua perlu tahu

KONTAN.CO.ID - Mata minus atau yang dikenal dengan istilah rabun jauh (miopi) merupakan gangguan pada mata. Mata minus membuat pengidapnya mengalami kesulitan saat melihat benda dengan jarak tertentu. 

Mata minus terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata, tidak jatuh pada retina sebagaimana mestinya. Nah, kondisi tersebut juga dipengaruhi oleh bentuk bola mata yang lebih panjang dari bola normal, dilansir dari WebMD.

Secara umum, mata minus pada anak disebabkan oleh faktor genetik yang diwariskan dari orangtua. Oleh karena itu, mata minus sebenarnya tidak mungkin untuk dicegah. 

Baca Juga: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Pimpin upacara peringatan HUT Ke-76 Korps Marinir

Namun berikut cara alami yang bisa digunakan agar minus pada mata tidak semakin bertambah, dirangkum dari Everyday Health dan Healthline.

1. Jangan terlalu lama menatap layar

Terlalu lama ada di depan layar monitor dapat meningkatkan miopi, sehingga salah satu cara paling mudah untuk mengurangi mata minus adalah dengan mengistirahatkan mata.

Gunakan aturan 20-20-20, yakni alihkan pandangan pada suatu objek dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter dari posisi mata) selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit sekali.

2. Menempelkan mentimun di daerah mata

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Murad mengatakan bahwa mentimun memiliki kemampuan menyegarkan dan relaksasi. Jika dikonsumsi, buah ini memiliki 95% kandungan air.

Sedangkan, untuk mata bisa memberi efek menenangkan dan digunakan sebagai terapi mata. Untuk penggunaannya sebagai terapi, cukup potongan timun kecil-kecil dan tempelkan langsung ke mata selama 5-10 menit.

3. Mengecek kondisi kesehatan mata secara berkala

Menurut National Eye Institute, memeriksa mata dapat mengurangi atau membantu seseorang tahu bagaimana kondisi ataupun kelainan mata yang diderita.

Bila mata mulai sensitif terhadap cahaya dan pandangan tidak fokus, segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu, tindakan medis bisa dilakukan dengan akurat.

4. Konsumsi makanan bervitamin dan berserat tinggi

Mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi vitamin A merupakan salah satu cara menyembuhkan mata minus atau rabun jauh dengan alami. Anda bisa mendapatkannya dari wortel, minyak hati ikan kod, ubi jalar, ikan salmon, tomat, dan hati sapi.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, terdapat 6 jenis nutrisi yang baik untuk mata. Nutrisi tersebut adalah Lutein, omega 3, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, dan juga Zinc.

Baca Juga: Selain mencegah kehamilan, ini 5 manfaat lain pil KB

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara cara alami mengurangi mata minus. Dilansir dari Sleep Education bahwa kekurangan tidur berefek negatif pada kesehatan mata.

Karena itu, dengan tidur 8 jam sehari dan tidak memaksakan menatap layar terlalu lama merupakan cara yang tepat agar mata tetap sehat.

Itulah penjelasan terkait cara mencegah mata minus atau rabun jauh pada anak. Kebanyakan kasus mata minus pada anak disebabkan oleh faktor genetik, sehingga tidak dapat dicegah.

Meski begitu, beberapa cara dapat dilakukan guna menurunkan risikonya dan memperlambat perkembangannya.

Selanjutnya: PLN Pakai 264 Motor Listrik Gesits untuk Kendaraan Operasional

Editor: Helvana Yulian
Terbaru