5 Pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Kamis, 04 Februari 2021 | 15:44 WIB Sumber: Sportskeeda
5 Pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

ILUSTRASI. 5 Pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris. Pool via REUTERS/Paul Ellis

KONTAN.CO.ID - LONDON.  Liga Inggris telah menjadi rumah bagi pemain berbakat di dunia sepakbola sejak didirikan pada tahun 1990. Bahkan secara luas Liga Inggris dianggap sebagai yang paling menghibur di dunia.

Nama pemain yang langsung muncul di benak adalah Thierry Henry dan Cristiano Ronaldo, yang tiba di Inggris dengan reputasi dan menggemparkan sepak bola Inggris.

Di era sekarang, pemain Liga Inggris seperti Mohamed Salah dan Eden Hazard juga melakukannya dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, selama bertahun-tahun, beberapa pemain sepak bola berbakat telah mengalami jalan berliku di Liga Inggris meski dibekali dengan potensi besar.

Baca Juga: Jose Mourinho tolak vaksinasi pada pemain Liga Inggris

Berikut adalah lima pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris. Dilansir dari Sportskeeda.com, simak daftar nama pemain tersebut selengkapnya:

5. Alexander Pato

Alexander Pato, pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Perjalanan karier Alexandre Pato tidak seperti yang diprediksikan ketika ia pertama kali muncul di AC Milan sebagai remaja berbakat.

Penyerang Brasil itu dipuji sebagai pemain berbakat dalam sepak bola dunia. Pato berjuang keras untuk menghasilkan prestasi di Serie A setelah menunjukkan tanda-tanda menjanjikan karena kombinasi cedera dan performa buruk.

Setelah bertugas dengan Corinthians dan Sao Paolo di tanah airnya, Pato tiba di Liga Inggris sebagai pemain berusia 26 tahun. Kala itu, Chelsea merekrutnya dengan kesepakatan pinjaman jangka pendek.

Meski mencetak gol dalam debutnya, Alexander Pato hanya membuat dua penampilan untuk The Blues dan kemudian kembali ke Corinthians.

Alexander Pato saat ini menjadi pemain bebas transfer setelah gagal menjalankan tugas dengan Tianjin Quanjian dan Sao Paolo.

Tidak disangkal bahwa Alexander Pato merupakan salah satu pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris.

Baca Juga: Daftar Pemain bintang Liga Inggris yang bisa didapatkan gratis akhir musim ini

4. Lewis Holtby

Lewis Holtby, pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Ketika Tottenham Hotspur menyetujui pra-kontrak dengan Lewis Holtby pada Januari 2013, itu dipandang sebagai kudeta yang signifikan oleh London Utara.

Gelandang Jerman ini dielu-elukan sebagai salah satu prospek paling cemerlang di Bundesliga saat itu dan menjadi incaran beberapa klub besar di seluruh benua.

Spurs bahkan membayar biaya transfer yang cukup besar untuk memajukan transfer Lewis Holtby enam bulan setelah gelandang Brasil Sandro mengalami cedera pada Januari.

Banyak yang diharapkan dari Lewis Holtby, tetapi waktu ia tiba di White Hart Lane terbukti menjadi mimpi buruk.

Lewis Holtby berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di Liga Inggris dan dengan cepat tidak disukai di Tottenham, Kemudian, Holtby akhirnya dipinjamkan ke Fulham.

Setelah masa pinjaman yang gagal, Lewis Holtby dijual ke Hamburg secara permanen, karena Spurs memilih untuk berpisah dengannya.

Holtby saat ini bermain untuk tim Championship Blackburn Rovers. Pantas ketika Holtby menjadi salah satu pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain bergelar raja assist sepanjang sejarah Liga Inggris

3. Alberto Aquilani

Alberto Aquilani, pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Masa bermain Alberto Aquilani di Liverpool dikenang karena kesalahan yang menyakitkan bagi fans The Reds. Hal ini karena pemain asal Italia itu mengalami masa-masa sulit di Merseyside setelah datang dengan kesepakatan uang besar.

Awalnya Aquilani diambil untuk menggantikan Xabi Alonso yang terikat dengan Real Madrid. Namun, gelandang elegan itu cedera untuk sebagian besar tugasnya di Anfield.

Alberto Aquilani bahkan tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuannya untuk waktu yang lama.

Aquilani akhirnya dijual ke Fiorentina secara permanen setelah dipinjamkan ke AC Milan dan Juventus. Jika cedera tidak terjadi, gelandang Italia memiliki semua alat untuk membawa nama besar Liverpool di Liga Inggris.

Sehingga, Alberto Aquilani bisa disebut sebagai salah satu pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Nama calon kuat pengganti kursi pelatih milik Mikel Arteta di Arsenal

2. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa, pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Pada saat penandatanganan, Shinji Kagawa adalah roda penggerak penting dari tim Borussia Dortmund yang mengesankan Jurgen Klopp. Bahkan Kagawa memainkan peran penting dalam memenangkan gelar Bundesliga berturut-turut bersama Black and Yellows.

Manchester United memenangkan perlombaan untuk mendapatkan tanda tangan Shinji Kagawa, karena ingin menambahkan gelandang kreatif ke barisan Setan Merah.

Shinji Kagawa tiba di Liga Inggris dengan ekspektasi besar tetapi tidak memenuhi kebutuhan skuad Setan Merah. Sulit untuk mengatakan bahwa dia gagal sepenuhnya di Old Trafford.

Shinji Kagawa keluar dari tim besar Liga Inggris ini dengan hanya dua musim bersama. Gelandang Jepang kembali ke Dortmund dua tahun setelah meninggalkan Setan Merah. 

Dengan tidak tercapainya karier terbaik di MU, Kagawa bisa diklaim sebagai salah satu pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain muda ini tampil apik di Liga Inggris, duo Manchester mendominasi

1. Memphis Depay

Memphis Depay, pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris

Memphis Depay bergabung dengan rekan senegaranya yakni sang pelatih, Louis van Gaal di Manchester United pada 2015. 

Di awal, para bintang tampak selaras dengan sempurna untuk skuad Setan Merah. Pemain asal Belanda itu bahkan mewarisi kaos ikonik nomor 7 dan sudah dipuji sebagai penerus striker tajam seperti CR7.

Pemain sayap berbakat itu mencetak dua gol dan membuat satu gol dalam debut Liga Champions untuk Manchester United. Namun, seiring berjalannya waktu, Memphis Depay gagal tampil secara konsisten di Manchester United.

Setelah dua musim yang buruk bersama Manchester United, Memphis Depay berhasil mengembalikan karirnya ke jalur yang benar bersama Olympique Lyonnais.

Kontrak winger Belanda ini habis pada musim panas dan banyak dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona pada akhir musim. Tentu saja, dengan tidak bersinarnya di MU. Depay menjadi salah satu pemain berbakat yang gagal di Liga Inggris.

Selanjutnya: 5 Pencetak hattrick terbanyak sepanjang sejarah sepak bola, siapa saja?

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru