5 Perayaan tahun baru terunik di dunia

Jumat, 10 Desember 2021 | 04:50 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Perayaan tahun baru terunik di dunia

ILUSTRASI. Kembang api terlihat dari Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, saat perayaan Malam Tahun Baru di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (31/12/2020). REUTERS/Ahmed Jadallah


TAHUN BARU - Setiap negara memiliki perayaan tahun baru dengan tradisi yang berbeda-beda, termasuk Indonesia.

Perayaan tahun baru merupakan upacara yang ditunggu-tunggu masyarakat menjelang pergantian tahun. Berbagai jenis kegiatan dilakukan untuk menutup tahun dengan momen-momen tak terlupakan.

Di berbagai belahan dunia, perayaan tahun baru tidak hanya dilakukan dengan menyalakan kembang api atau meniup terompet.

Sebelum jauh-jauh ke negara lain, di Indonesia khususnya masyarakat Dieng, ada perayaan tahun baru yang unik. Mereka mengadakan festival peluncuran 1000 lampion.

Baca Juga: Rekomendasi kado Natal unik untuk orang terdekatmu

Festival ini diadakan di Bukit Sikunir dalam rangka memperingati perayaan tahun baru dengan menerbangkan lampion ke langit bebas sebagai simbol pergantian tahun.

Selain festival peluncuran lampion, berikut adalah perayaan tahun baru unik lainnya di dunia;

1. Perayaan tahun baru kedua (Makedonia)

Orang-orang yang tinggal di Makedonia, negara bagian Eropa selatan, merayakan tahun baru dua kali. Perayaan tahun baru pertama pada tanggal 31 Desember seperti biasa dan uniknya perayaan kedua dilakukan pada tanggal 14 Januari.

Baca Juga: Rekomendasi pakaian musim hujan yang fungsional dan keren

2. Lempar piring atau furnitur (Denmark)

Ada hal unik yang dilakukan orang Denmark saat perayaan tahun baru.

Beberapa orang di sana akan melempar piring atau furnitur ke depan pintu rumah keluarga atau orang terdekat di malam tahun baru.

Konon, jika rumah yang paling banyak mendapat pecahan piring atau furnitur dianggap banyak orang yang mendukungnya tahun depan.

Baca Juga: Tips menyimpan pakaian agar tidak berjamur di ruangan yang lembab

3. Membakar sawah (Ekuador)

Perayaan Tahun Baru di Ekuador juga unik. Pasalnya, masyarakat di sana membakar orang-orangan sawah pada malam menjelang pergantian tahun.

Konon katanya dengan melakukan ini untuk menyingkirkan kemalangan masyarakat di tahun selanjutnya.

4. Semuanya bulat (Filipina)

Apalagi, uniknya perayaan tahun baru di Filipina yang sudah mendekati pergantian tahun, semua aktivitas masyarakat di sana diiringi dengan nuansa bulat.

Baca Juga: Harbolnas 12.12 Shopee Berikan Promo Iphone 12 Dengan Harga Seribu Rupiah

Mulai dari buah-buahan, makanan bahkan pakaian dengan pola bulat. Mereka percaya bahwa apapun yang bulat bisa mendatangkan rezeki.

5. Berkomunikasi dengan hewan (Rumania)
Siapa yang punya hewan peliharaan di rumah? Jika punya, kalian bisa merayakan tahun baru seperti orang-orang di Rumania. Mereka percaya jika pada malam tahun baru kita mengajak hewan peliharaan kita untuk berbicara akan mendapatkan keberuntungan.

Itulah perayaan tahun baru paling unik di dunia. Apa yang ingin kamu rayakan di malam tahun baru?

Baca Juga: Promo Indomaret terbaru di Desember, belanja lebih murah untuk produk sehari-hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru