Wisata

5 tempat wisata di Yogyakarta sudah buka kembali, begini protokol kesehatannya

Selasa, 14 Juli 2020 | 12:51 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
5 tempat wisata di Yogyakarta sudah buka kembali, begini protokol kesehatannya

ILUSTRASI. 5 Tempat wisata di Yogyakarta sudah buka kembali termasuk Taman Sari, dengan memperketat penerapan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp.

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Ada lima tempat wisata di Yogyakarta yang sudah buka kembali untuk umum. Tentu, pembukaan lima tempat wisata ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai pemindaian QR code, pemeriksaan suhu tubuh, penerapan social distancing, hingga pembatasan jumlah pengunjung. Lantas, lima tempat wisata di Yogyakarta mana saja yang sudah buka? Berikut daftarnya:

Malioboro

Malioboro merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sudah buka kembali. Ketika memasuki kawasan yang dimulai dari dekat Stasiun Tugu Yogyakarta ini, Anda harus mengisi lima zona pemindaian QR code.

Zona pertama dari Hotel Grand Inna Malioboro sampai Mall Malioboro. Zona kedua dari Mall Malioboro hingga Kepatihan. Lanjut, zona ketiga dari Kepatihan sampai Hotel Mutiara.

Baca Juga: Promo staycation Yogyakarta mulai Rp 350 ribu, liburan ke Kota Gudeg

Zona keempat dari Hotel Mutiara sampai Pasar Beringharjo. Dan zona kelima atau terakhir dari Pasar Beringharjo sampai Titik Nol Kilometer. QR code ini wajib pengunjung untuk mempermudah pendataan yang keluar dan masuk kawasan Malioboro.

Keraton Yogyakarta

Tempat bersejarah sekaligus tempat wisata di Yogyakarta, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat buka kembali dengan jam operasional yang berbeda. Tempat wisata ini buka pukul 08.00-13.00 WIB di hari Sabtu-Kamis dan 08.30-11.00 WIB di hari Jumat.

Pengurangan jumlah kunjungan dan ketatnya protokol kesehatan di Keraton tidak hanya bertujuan untuk membuat nyaman sesama pengunjung saja, tapi juga membikin aman para abdi dalem. Pasalnya, usia mereka rentan tertular virus corona baru.

Taman Sari

Taman Sari, tempat wisata di Yogyakarta yang Instagramable, buka kembali pada 8 Juli 2020 lalu. Tetapi, jumlah pengunjungnya hanya maksimal 250 orang saja dalam satu waktu.

Baca Juga: Wisata ke Candi Borobudur dan Ratu Boko, ini aturan yang harus pelancong patuhi

Pengunjung juga harus scan QR code. Sehingga, pengelola Taman Sari bisa tahu, ke spot mana saja si pengunjung tersebut pergi.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar, tempat wisata edukasi di Yogyakarta, mulai uji coba membuka kembali layanan pada 8 Juli 2020. Namun, ada perubahan jam operasional yang pengelola terapkan, yaitu mulai Rabu-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB.

Wahana yang bisa pengunjung akses di Taman Pintar juga terbatas, hanya Gedung Oval Kotak, Kampung Kerajinan, Bahari, Planetarium, dan Perpustakaan.

D'Walik

D'Walik merpukan salah satu tempat wisata selfie di Yogyakarta yang buka kembali sejak 13 Juli 2020. Namun, jam operasional berubah menjadi 10.00-17.00 WIB dan jumlah pengunjung dibatasi.

Baca Juga: Persiapan liburan, beli tiket Garuda Wisnu Kencana dari sekarang jauh lebih murah

Harga tiket masuk D'Walik dibanderol mulai Rp 30.000-Rp 100.000 per orang.

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru