Edukasi

6 Rahasia agar pernikahan langgeng dan bahagia

Senin, 13 Juli 2020 | 03:00 WIB Sumber: The Oprah Magazine
6 Rahasia agar pernikahan langgeng dan bahagia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak ada pasangan yang tidak ingin pernikahan langgeng dan bahagia. Saat mulai menapaki kehidupan berumah tangga, tentunya Anda ingin selalu bersama dalam susah dan duka, till death do us apart.

Menyatukan dua individu yang berbeda dalam pernikahan, tidak hanya membutuhkan cinta. Ada banyak faktor yang membuat pernikahan langgeng. 

Untuk menjaga bahtera rumah tangga, tentunya Anda banyak mencari informasi tentang bagaimana menciptakan pernikahan langgeng dan tentunya bahagia. Anda mungkin pernah penasaran atau iri dengan kehidupan pernikahan B.J. Habibie dengan ibu Ainun, atau Alm. Sophan Sophian dan aktris Widyawati.

Apa rahasia mereka agar tetap langgeng dalam berumah tangga? Berikut merupakan tips yang bisa Anda gunakan agar pernikahan langgeng dan bahagia.

Mau memahami dan mendengarkan pasangan

Tidak ada rumah tangga yang 100% bahagia tanpa adanya argumen. Menurut Dr. Julia Morris, terapis keluarga dan pasangan, banyak pasangan yang berargumen selama mereka berumah tangga. Hal ini merupakan tanda jika kehidupan pernikahan Anda normal.

Saat sedang berargumen, cobalah untuk mendengarkan pasangan Anda. Lihat masalah yang Anda berdua hadapi dari berbagai sisi, dan cobalah untuk memperbaikinya bersama.

Baca Juga: Bukan hanya sate, ini resep olahan daging kambing untuk Idul Adha 2020

Menerima pasangan apa adanya

Setiap individu memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Menerima pasangan Anda apa adanya menjadi salah satu kunci pernikahan langgeng dan bahagia. Anda dan pasangan saling melengkapi satu sama lain.

Jika Anda unggul dalam hal keuangan sedangkan pasangan Anda lemah dalam hal itu, Anda tidak perlu menyulut api dengan menyalahkan atau merendahkan kelemahan pasangan. Ambil alih tugas keuangan dalam rumah Anda, dan bagi tugas lain yang pasangan Anda lebih mampu untuk mengerjakannya.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru