7 Cara membuat foto bokeh dan tajam tanpa harus diedit

Minggu, 19 Desember 2021 | 07:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Cara membuat foto bokeh dan tajam tanpa harus diedit


KAMERA - Cara membuat foto bokeh itu tidak sulit. Cukup pahami kamera apa yang akan digunakan, jika sudah paham akan sangat mudah menghasilkan foto boleh yang keren dan estetik.

Secara visual foto bokeh memang bagus untuk dipandang. Hasil foto bokeh membuah foto terlihat lebih nyata seperti apa yang kita lihat dengan bola mata sendiri. 

Untuk bisa membuat foto bokeh dengan menggunakan DSLR dan mirrorless ikuti beberapa tips berikut ini: 

Baca Juga: IOS 15.2 baru diliris Apple , Simak fitur terbarunya

1. Cari spot foto dengan cahaya bagus
Fotografi bisa dibilang adalah seni dalam menangkap cahaya dalam momen tertentu lalu jadilah sebuah karya yang dinamakan fotografi. Mencari spot foto dengan cahaya yang bagus menjadi tips pertama agar hasil foto bisa bokeh.

Oleh karena itu dalam hal ini foto bokeh membutuhkan cahaya yang bagus. Namun bukan berarti kurangnya cahaya membuat hasil foto tidak bagus, tetapi penyesuaian cahaya dibutuhkan untuk konsep foto tertentu. 

2. Lensa dengan Aperture atau bukaan besar
Tips foto bokeh kedua adalah gunakan lensa dengan aperture atau bukaan yang besar. Dengan aperture yang besar secara logika akan bisa menangkap cahaya yang lebih banyak sehingga akan menghasilkan foto bokeh. 

Contohnya, misalkan lensa memiliki focal lenght atau jarak tempuh 18-55mm dengan aperture 3.5-5.6. Dalam hal ini gunakan lah aperture 3.5 yang merupakan bukaan paling besar. 

Dalam pengaturan di kamera DSLR maupun mirrorless aperture dilambangkan dengan huruf F.

Baca Juga: Pilihan Lampu Pintar, Ada Philips Wi-Fi LED 9W RGB dan Bardi Smart LED 9W RGB

3. Gunakan lensa fix 
Lensa fix merupakan salah satu jenis lensa yang sangat bisa membuat foto bokeh baik di kamera DSLR maupun mirrrorless. 

Berkaitan dengan poin kedua diatas, lensa fix memiliki aperture lebih besar dari lensa biasa. Umumnya lensa fix memiliki aperture 2.0, 1.8, 1.4, 1.2 dan 1.0 namun dengan focal lenght yang fix atau tidak bisa ganti.

Hal tersebutlah yang bisa membuat foto bokeh dengan cahaya yang bisa lebih banyak ditangkap oleh lensa. 

4. Gunakan focal lenght paling jauh 
Focal lenght merupakan jarak tempuh atau panjangnya lensa bisa menjangkau objek. Agar dapat menghasilkan foto bokeh gunakanlah focal lenght paling jauh dari lensa. 

Misalnya lensa 18-55mm, maka gunakan focal lenght lensa tersebut di angka 55mm. Setelah itu anda akan menghasilkan foto bokeh. 

Baca Juga: Rekomendasi toko kaos band original terbaik di Indonesia

5. Ambil jarak terdekat antara kamera dan objek 
Tips selanjutnya membuat foto bokeh adalah dengan mengambil jarak terdekat antara kamera dan objek. 

Jika hal ini dipraktikan akan menghasilkan foto yang bokeh. Sebab cahaya objek akan lebih banyak tertangkap oleh kamera dibandingkan dengan background. 

6. Cari spot objek yang jauh dari background
Carilah spot objek yang jauh dari background agar bisa membuat foto bokeh. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Pasalnya jika background jauh dari objek akan membuat perbedaan cahaya, itulah yang membuat foto bisa jadi bokeh. 

Baca Juga: Rekomendasi kamera murah dan masih layak dipakai tahun 2022

7. Gunakan kamera yang anda kuasai
Membuat sebuah karya fotografi yang bagus tidak harus menggunakan kamera yang bagus atau mahal, khususnya jika mau membuat foto bokeh. 

Gunakan kamera yang anda punyai dan kuasai saja jika ingin membuat foto bokeh karena hal itu sangat bisa dilakukan. Karya yang bagus adalah ide yang mahal bukan kamera yang mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru