7 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

Kamis, 09 November 2023 | 09:48 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

ILUSTRASI. 7 Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama


MOTOR LISTRIK - JAKARTA. Simak cara merawat baterai motor listrik dengan benar. Penggunaan baterai tentu bisa mengurangi masa pakai dan umur dari baterai itu sendiri pada motor listrik.

Baterai motor listrik menjadi komponen utama pada kendaraan listrik yang menyimpan energi listrik dan menyediakannya untuk menggerakkan motor listrik.

Baterai ini berfungsi sebagai sumber daya utama untuk memberikan tenaga pada motor, sehingga kendaraan listrik dapat beroperasi tanpa bergantung pada bahan bakar konvensional.

Baterai motor listrik biasanya menggunakan sel-sel baterai rechargeable (dapat diisi ulang), seperti sel baterai lithium-ion atau lithium polymer.

Baca Juga: Ini 6 Cara Merawat Motor Listrik untuk Pemula Tanpa ke Bengkel

Cara merawata baterai motor listrik

Motor listrik

Teknologi baterai ini dipilih karena memiliki kapasitas energi yang tinggi, berat yang relatif ringan, dan kemampuan untuk menyimpan energi dalam bentuk listrik untuk digunakan secara berulang.

Pada kendaraan listrik, baterai ini ditempatkan di dalam atau di bawah struktur kendaraan, dan seringkali terdiri dari beberapa modul atau sel baterai yang dihubungkan secara serial atau paralel untuk mencapai kapasitas energi yang diinginkan.

Berbeda dengan motor konvensional, kapasitas baterai diukur dalam satuan kilowatt jam (kWh).

Ketika motor listrik membutuhkan tenaga, baterai mengirimkan arus listrik ke motor, yang kemudian menghasilkan gerakan pada roda kendaraan.

Saat baterai mulai kehilangan daya, kendaraan harus diisi ulang melalui sumber listrik eksternal, seperti stasiun pengisian daya atau colokan listrik rumah. 

Baca Juga: Kenali 4 Varian Motor Listrik Rakata, Harga Termurah Mulai Rp 17 Jutaan

Untuk itu, Anda perlu mengenali perawatan baterai motor listrik dengan baik dan benar. Simak tips dan cara merawat baterai motor listrik agar awet dilansir dari laman Tromox.

1. Isi daya dengan benar

Salah satu cara paling efektif untuk merawat baterai sepeda motor listrik adalah dengan memastikan Anda mengisi dayanya dengan benar.

Kebanyakan sepeda motor listrik tidak memerlukan stasiun khusus untuk mengisi dayanya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan kabel ke port pengisian daya dengan catu daya yang memadai dan kabel akan mulai mengisi daya.

Namun, ada perintah untuk itu. Pertama, Anda perlu menghubungkan pengisi daya ke baterai.

Pastikan untuk memastikan sambungan ini aman, Anda dapat mencolokkannya ke stop kontak listrik. Dengan mengikuti prosedur ini, Anda melindungi baterai dan lingkungan pengisian daya.

Anda tentu tidak ingin menunggu untuk mengisi daya hingga baterai habis sebelum mengisi ulang karena hal ini akan memperpendek masa pakai baterai motor listrik.

Sebaiknya, mulailah mengisi daya baterai sepeda motor listrik saat tersisa 20-30%. Namun yang terpenting, pastikan untuk membaca manual kendaraan untuk mempelajari cara melepas aki dari sepeda motor dengan benar.

2. Gunakan pengisi daya berkualitas tinggi

Menggunakan pengisi daya yang tepat untuk memberi daya pada baterai motor listrik Anda sangat penting untuk memperpanjang masa pakainya.

Baterai motor listrik tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, jadi pastikan jenis baterai Anda agar dapat menggunakan pengisi daya yang tepat.

Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa buku manual atau bagian samping baterai. Selain itu, sebagian besar sepeda motor listrik menggunakan baterai lithium. Oleh karena itu, Anda ingin memastikan Anda menggunakan pengisi daya yang kompatibel dengan baterai tersebut.

Untuk jenis ini, menyarankan Anda mendapatkan pengisi daya khusus, tergantung merek baterai Anda. Dalam kasus lain, pengisi daya tetesan, pelampung, atau pintar dapat membantu.

3. Hindari isi daya baterai berlebihan

Salah satu cara yang dapat merusak kesehatan baterai motor Anda adalah dengan mengisi daya baterai secara berlebihan.

Anda dapat mencegah hal ini dengan memiliki pengatur waktu yang membantu Anda mencatat berapa lama baterai terisi. Pengatur waktu ini memberi tahu Anda kapan waktunya mencabut pengisi daya.

Selain itu, Anda sebaiknya hanya mengisi daya baterai saat baterai belum terisi penuh dan jangan membiarkannya terpasang selama berhari-hari.

Biasanya yang terbaik adalah menggunakan aki sepeda motor listrik dengan mode mati otomatis untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan.

4. Jaga baterai dengan suhu yang tepat

Seperti yang mungkin Anda ketahui pada baterai lain seperti ponsel, laptop, dan gadget populer lainnya, menjaga baterai pada suhu yang tepat adalah strategi yang sangat baik untuk memperpanjang kesehatannya.

Dengan sepeda motor listrik, baterai akan lebih cepat habis energinya seiring dengan semakin dinginnya cuaca. Hal ini pada gilirannya akan memperpendek umur baterai.

Demikian pula, menyimpan baterai pada suhu tinggi akan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, baterai Anda harus disimpan di lingkungan dengan suhu tertinggi 35 derajat celcius.

5. Penyimpanan baterai dengan benar

Pengguna perlu memahami ada kalanya tidak menggunakan sepeda motor listrik. Untuk saat-saat seperti ini, Anda ingin menyimpan baterai dengan benar agar tidak rusak.

Tip yang bagus adalah menjaga baterai tetap terisi pada kapasitas minimal 50%. Kemudian, pastikan Anda mengeluarkannya dari sepeda motor listrik atau mencabut terminalnya.

Saat Anda mengeluarkan baterai dari sepeda, tetaplah berada di tempat yang lebih tinggi, bukan di lantai kosong.

Selain itu, perlu diingat bahwa baterai cenderung habis sendiri saat tidak digunakan, jadi periksalah baterai sepeda motor listrik secara rutin jika digunakan dalam waktu lama.

Anda harus mengisi baterai sepeda motor listrik Anda dari waktu ke waktu jika Anda berencana menyimpannya untuk waktu yang lebih lama.

6. Hindari beban baterai berlebihan

Masa pakai baterai motor listrik Anda akan berkurang secara signifikan jika Anda membebani baterai secara berlebihan. Artinya, mulai dari membawa terlalu banyak beban hingga terlalu sering berkendara di medan yang terlalu menantang.

Selain itu, mengendarai sepeda motor listrik dengan banyak aksesori seperti lampu LED atau GPS akan menguras baterai lebih cepat dan pada akhirnya mengurangi masa pakainya.

Bila tidak diperlukan, sebaiknya matikan semua aksesori listrik untuk mengurangi beban pada baterai.

Demikian informasi terkait perawatan baterai motor listrik agar awet digunakan oleh pengguna.

Selanjutnya: Badan HAM PBB Sebut Israel & Kelompok Bersenjata Palestina Lakukan Kejahatan Perang

Menarik Dibaca: Lanjut Turun, Harga Emas Antam Melorot Rp 7.000 Hari Ini 9 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru