7 Pekerjaan yang akan punah di masa depan, sudah siap ganti profesi?

Selasa, 01 September 2020 | 14:54 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Pekerjaan yang akan punah di masa depan, sudah siap ganti profesi?

ILUSTRASI. Petani membajak sawah di Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/8). Petani menjadi 7 pekerjaan yang akan punah di masa depan.


MENCARI KERJA - Semakin berkembangnya zaman, ada pekerjaan yang akan hilang. Pekerjaan tersebut akan punah dan digantikan oleh teknologi yang lebih canggih. 

Tenaga manusia memiliki batas tertentu sehingga produksi tidak maksimal. Dengan menambah pekerja, tentu biaya operasional akan naik. Faktor ini membuat banyak perusahaan memilih mencari alternatif lain. 

Dengan adanya mesin atau teknologi lainnya, biaya operasional bisa ditekan. Penggunaan mesin juga bisa mempercepat dan memperbanyak produksi.   

Apa saja pekerjaan tersebut? Berikut beberapa pekerjaan yang akan punah yang KONTAN.co.id rangkum dari Forbes dan Career Addict:

Baca Juga: 3 Efek ganja pada tubuh, psikotropika yang sempat masuk di tanaman binaan Kementan

  • Travel agent

Masyarakat sekarang semakin mudah merencanakan liburan impian tanpa harus menyewa jasa dari travel agent. Banyaknya start-up pemesanan hotel dan tiket memudahkan masyarakat yang ingin berlibur. 

Dengan bermodal gawai, Anda bisa membeli tiket transportasi hingga memesan kamar hotel. Kemudahan ini tentu mengancam travel agent konvensional.  

Tapi, pekerjaan di bidang travel masih akan terbuka lebar. Pekerjaan yang akan dibutuhkan di masa depan ini terbuka di startup pemesanan tiket dan hotel. 

  • Juru masakan restoran cepat saji

Juru masak restoran cepat saji menjadi pekerjaan yang akan hilang selanjutnya. Dengan perkembangan teknologi, hal masak memasak bisa dilakukan dengan mesin. 

Mesin tersebut bisa mempercepat proses memasak serta kualitas yang dihasilkan konsisten. Menggunakan mesin juga menekan biaya operasional sehingga menguntungkan bagi pemilik restoran.

Baca Juga: Selama pandemi, portal lowongan pekerjaan diserbu para pencari kerja

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru