7 Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Khas dan Lezat, Sudah Coba Gudeg?

Minggu, 21 Juli 2024 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Khas dan Lezat, Sudah Coba Gudeg?

ILUSTRASI. Ada beragam wisata kuliner di Yogyakarata khas dan lezat serta menarik untuk dicoba.


KULINER - Ada beragam wisata kuliner di Yogyakarata khas dan lezat serta menarik untuk dicoba. Salah satu, kuliner di Yogyakarta yang cukup populer di antaranya ada Gudeg.

Yogyakarta, kota dengan kekayaan budaya dan sejarah yang luar biasa, juga terkenal dengan wisata kulinernya. 

Melansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta yang menjadi salah satu kuliner favorit wisatawan dan terdapat banyak restoran maupun penjual diberbagai sudut Yogyakarta.

Baca Juga: Persib Bandung Kalahkan PSM Makassar 2-0 di Piala Presiden 2024

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba saat berkunjung:

1. Gudeg

Gudeg adalah ikon kuliner Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula merah, dan rempah-rempah, gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur pindang, tahu, dan sambal krecek. 

2. Sate Klathak

Sate klathak adalah kuliner khas Yogyakarta berupa sate kambing yang khas dengan tusuk sate dari jeruji besi. Daging kambing yang empuk hanya dibumbui garam, membuat rasanya sederhana namun nikmat. Sate ini kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan dengan kuah gulai yang gurih. 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Solo yang Tidak Boleh Terlewatkan, Apa Saja?

3. Bakpia

Bakpia adalah kuliner Yogyakarta berupa kue kecil berbentuk bulat yang diisi dengan berbagai macam rasa, seperti kacang hijau, coklat, keju, dan durian. Kue ini sangat populer sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta. 

4. Mie Lethek

Mie lethek adalah kuliner Yogyakarta berupa mie tradisional yang terbuat dari tepung singkong dan gaplek, dengan warna yang keruh dan rasa yang khas. Mie ini biasanya dimasak dengan bumbu sederhana dan disajikan dengan irisan daging ayam, sayuran, dan telur. 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata di Bali yang Instagramable dan Menyenangkan

5. Angkringan

Angkringan adalah warung kaki lima yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau yang menjadi salah satu wisata kuliner di Yogyakarta yang cukup populer. Di sini, Anda bisa menemukan nasi kucing (nasi porsi kecil dengan berbagai lauk), sate usus, sate telur puyuh, dan aneka gorengan.

6. Es Buah PK

Untuk penyegar dahaga, es buah PK adalah pilihan yang sempurna jika ingin menikmati minuman enak di Yogyakarta. Es buah ini terdiri dari berbagai macam buah segar seperti nangka, kelapa muda, alpukat, dan pepaya, disiram dengan sirup manis dan susu kental manis. 

Baca Juga: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM BCA, M Banking BCA dan KlikBCA

7. Kipo

Kipo adalah jajanan tradisional Yogyakarata yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. Kipo memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang lezat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru