Rekomendasi Wisata Kuliner di Bogor yang Khas, Penah Coba Soto Mie Bogor?

Minggu, 30 Juni 2024 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Bogor yang Khas, Penah Coba Soto Mie Bogor?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang enak dan khas kota hujan.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang enak dan khas kota hujan. Salah satu kuliner bogor yang cukup populer di antaranya ada Soto Mie Bogor.

Bogor merupakan kota yang terkenal dengan julukan Kota Hujan, tidak hanya menawarkan keindahan alam dan udara sejuk, tetapi juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai hidangan lezat yang khas dan menggugah selera. 

Melansir dari laman Disparbud Kota Bogor, banyaknya kuliner khas Bogor menjadi salah satu incaran dan faktor meningkatnya wisatawan berdatangan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Lawannya?

Lantas, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang enak dan wajib dicoba:

1. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor adalah salah satu kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan. Hidangan ini terdiri dari mie kuning, irisan daging sapi, risoles, dan kuah kaldu yang gurih. Tambahan acar, sambal, dan perasan jeruk nipis membuat cita rasa soto mie semakin segar dan nikmat. Anda bisa menemukan Soto Mie Bogor di berbagai warung makan di sekitar kota, salah satunya adalah di Soto Mie Mang Ohim yang legendaris.

2. Toge Goreng

Toge Goreng adalah makanan khas Bogor yang unik. Meskipun namanya "goreng", hidangan ini sebenarnya tidak digoreng. Toge Goreng terdiri dari toge yang direbus, mie kuning, dan tahu yang disiram dengan saus kacang dan tauco yang gurih dan sedikit pedas. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Toge Goreng adalah di Toge Goreng Haji Omah.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor berbeda dengan laksa dari daerah lain. Laksa Bogor menggunakan oncom sebagai salah satu bahan utamanya, dengan kuah santan yang kental dan gurih. Laksa ini biasanya disajikan dengan bihun, telur rebus, dan daun kemangi. Anda bisa mencicipi kelezatan Laksa Bogor di Laksa Bogor Pak Inin yang sudah terkenal sejak lama.

4. Doclang

Doclang adalah kuliner tradisional Bogor yang mirip dengan lontong sayur. Hidangan ini terdiri dari potongan lontong, kentang rebus, tahu, telur, dan kerupuk yang disiram dengan saus kacang yang kental dan gurih. Doclang biasanya dinikmati sebagai sarapan pagi. 

5. Asinan Bogor

Asinan Bogor adalah salah satu kuliner khas yang segar dan cocok untuk camilan. Terdiri dari buah-buahan atau sayuran yang diasinkan dan diberi kuah cuka yang pedas dan manis. Anda bisa menemukan Asinan Bogor di berbagai sudut kota, tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Gedung Dalam yang sudah berdiri sejak tahun 1978.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Wajib Dicoba, Catat Ya!

6. Cungkring

Cungkring adalah kuliner khas Bogor yang terbuat dari kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuning dan disajikan dengan lontong serta kerupuk. Wisata kuliner ini biasanya dijajakan oleh pedagang keliling di pagi hari. Salah satu yang terkenal adalah Cungkring Pak Jumat.

7. Macaroni Panggang

Wisata kuliner di Bogor lainnya yait Macaroni Panggang. Terbuat dari makaroni yang dipanggang dengan campuran keju dan daging, hidangan ini menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat. Tempat yang terkenal untuk mencicipi Macaroni Panggang adalah di Macaroni Panggang Jalan Salak.

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jakarta, Minggu (30/6): Potensi Hujan Masih Ada

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Superindo Spesial Gajian Diskon s/d 50% Periode 28-30 Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru