Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

Jumat, 28 Juni 2024 | 14:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Lampung yang enak dan patut dicoba.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Lampung yang enak dan patut dicoba. Tak hanya kuliner, banyak destinasi wisata di Lampung yang bisa dikunjungi.

Lampung merupakan provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan pantainya yang memukau, tetapi juga dengan beragam kuliner khasnya yang menggugah selera.

Melansir dari laman Diskominfo Kabupaten Lampung Tengah, Seruit menjadi salah satu kuliner di Lampung yang menjadi favorit wisatawan.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Jumat 28 Juni 2024, Simak Persyaratannya

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Lampung yang enak dan wajib dicoba:

1. Seruit

Seruit adalah kuliner khas Lampung yang terdiri dari ikan bakar atau ikan goreng yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (fermentasi durian), dan lalapan. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan air tawar seperti baung, belida, atau patin. Rasanya yang pedas, asam, dan gurih membuat seruit menjadi favorit banyak orang.

2. Pempek Lampung

Walaupun pempek lebih terkenal sebagai kuliner khas Palembang, pempek Lampung juga tidak kalah lezat. Pempek Lampung memiliki cita rasa yang khas dengan tekstur yang lembut dan kuah cuko yang lebih manis dan sedikit pedas.

Baca Juga: Catat Jadwal Babak 16 Besar Euro 2024 Lengkap, Berikut Tim yang Lolos

3. Gulai Taboh

Gulai Taboh adalah kuliner khas Lampung berupa gulai ikan yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan kakap atau ikan gabus. Cita rasa gulai taboh yang gurih dan kaya akan rempah ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

4. Keripik Pisang

Lampung juga terkenal dengan keripik pisangnya yang renyah dan manis. Keripik pisang Lampung tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, cokelat, keju, hingga rasa pedas. Keripik pisang ini sering dijadikan oleh-oleh khas Lampung yang wajib dibawa pulang.

Baca Juga: 8 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak dan Sayang Jika Dilewatkan

5. Sambal Lampung

Sambal Lampung memiliki rasa yang pedas dan gurih dengan aroma khas dari bawang merah dan cabai. Sambal ini sering dijadikan pelengkap hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, atau bahkan hanya dengan nasi putih. Beberapa tempat di Lampung yang terkenal dengan sambalnya adalah Sambal Lampung Asli dan Sambal Lado.

6. Bakso Sony

Bakso Sony merupakan kuliner legendaris di Lampung yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan rasa daging yang kuat. Kuah baksonya yang gurih dengan tambahan sambal dan jeruk nipis membuat bakso ini sangat nikmat. Bakso Sony memiliki beberapa cabang di Bandar Lampung dan selalu ramai dikunjungi.

7. Pindang Patin

Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dalam kuah asam pedas dengan rempah-rempah seperti kunyit, serai, dan daun kemangi. Hidangan ini memiliki cita rasa yang segar dan sedikit pedas, sangat cocok dinikmati saat makan siang.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Wisata Kuliner di Cianjur yang Enak dan Wajib Dicoba

8. Lapis Legit Lampung

Lapis legit adalah kue tradisional yang terdiri dari lapisan-lapisan tipis yang berwarna cokelat keemasan. Lapis legit Lampung terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan banyak ditemukan di toko-toko kue di Lampung.

Selanjutnya: 5 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Wajib Dicoba, Catat Ya!

Menarik Dibaca: Mengulik Manfaat Konsumsi Singkong untuk Diabetes, Kendalikan Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru