Rekomendasi 6 Wisata Kuliner di Cianjur yang Enak dan Wajib Dicoba

Kamis, 27 Juni 2024 | 16:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi 6 Wisata Kuliner di Cianjur yang Enak dan Wajib Dicoba

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Cianjur yang enak dan wajib dicoba.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Cianjur yang enak dan wajib dicoba. Tak hanya kuliner, Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Cianjur.

Cianjur merupakan sebuah kota di Jawa Barat, terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan udaranya yang sejuk. Namun, tak hanya itu, Cianjur juga memiliki beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. 

Melansir dari laman BPK Jawa Barat, kuliner Cianjur yang khas dari tempo dulu dan cukup menarik perhatian salah satunya adalah Geco.

Baca Juga: 6 Wisata Kuliner di Medan yang Enak dan Wajib Dicoba, Penasaran?

Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Cianjur yang enak dan wajib dicoba:

1. Sate Maranggi Sari Asih

Sate Maranggi merupakan salah satu kuliner khas Cianjur yang wajib dicoba. Sate ini terbuat dari daging sapi yang direndam dalam bumbu khas sebelum dibakar. Rasanya yang gurih dan manis sangat memanjakan lidah. Salah satu tempat yang terkenal dengan Sate Marangginya adalah Sate Maranggi Sari Asih yang terletak di Jalan Raya Cipanas.

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, telur, tahu, dan tempe. Nasi Liwet yang terletak di kawasan Cipanas menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi hidangan ini. Rasanya yang lezat dengan aroma rempah-rempah yang kuat membuat hidangan ini sangat menggugah selera.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Wisata Kuliner di Garut yang Enak dan Cocok Jadi Oleh-Oleh

3. Bubur Ayam Cianjur

Wisata kuliner Cianjur selanjutnya adalah Bubur Ayam Cianjur terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih. Disajikan dengan suwiran ayam, cakwe, dan taburan bawang goreng, bubur ini menjadi menu sarapan favorit di Cianjur. Salah satu tempat yang populer untuk menikmati Bubur Ayam Cianjur adalah di Jalan HOS Cokroaminoto.

4. Geco (Tauge dan Cuko)

Geco adalah singkatan dari tauge dan cuko, dua bahan utama dalam hidangan ini. Tauge segar dicampur dengan lontong, tahu goreng, kentang, dan telur, kemudian disiram dengan kuah cuko yang manis, asam, dan pedas. Kuliner Cianjur ini sangat cocok dinikmati saat siang hari. Anda bisa menemukan Geco yang enak di Pasar Cipanas.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner di Bogor yang Enak dan Wajib Dicoba, Catat Ya!

5. Mie Ayam Cianjur

Mie Ayam Cianjur memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu rempah yang kuat. Mie yang kenyal disajikan dengan potongan ayam berbumbu, sayuran segar, dan pangsit goreng. Salah satu tempat wisata kuliner di Cianjur yang terkenal dengan Mie Ayamnya adalah Mie Ayam Mang Dadang

6. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur adalah hidangan berkuah yang terdiri dari mie kuning, bihun, tauge, daun kemangi, dan telur rebus. Kuahnya yang gurih dan kental terbuat dari santan dan bumbu rempah-rempah. Kuliner Cianjur ini biasanya disajikan dengan tambahan oncom dan kerupuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru