5 Wisata Kuliner di Sumedang yang Enak dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Kamis, 27 Juni 2024 | 16:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Wisata Kuliner di Sumedang yang Enak dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

ILUSTRASI. Simak berbagai wisata kuliner di Sumedang yang enak dan wajib dicoba.


KULINER - Simak berbagai wisata kuliner di Sumedang yang enak dan wajib dicoba. Tak hanya itu, ada berbagai kuliner di Sumedang yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Sumedang merupakan sebuah kota kecil di Jawa Barat, tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sebagai surga kuliner dengan berbagai hidangan lezat yang memanjakan lidah.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Sumedang, Tahu Sumedang menjadi salah satu kuliner khas yang populer dikenal banyak hingga ke berbagai daerah.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini 27 Juni 2024 di Pegadaian, Masih Stagnan

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Sumedang yang enak dan wajib dicoba:

1. Tahu Sumedang

Siapa yang tidak kenal dengan Tahu Sumedang? Tahu ini memiliki cita rasa yang khas dengan tekstur luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut. Anda bisa menemukan Tahu Sumedang di berbagai sudut kota, namun salah satu yang paling terkenal adalah Tahu Bungkeng, yang telah berdiri sejak tahun 1917. Tahu ini sering disajikan dengan cabai rawit segar yang menambah kenikmatan rasanya.

2. Soto Bongko

Soto Bongko adalah hidangan khas Sumedang yang terbuat dari ketupat, taoge, dan tahu yang disiram dengan kuah soto berbumbu kacang. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuatnya menjadi favorit banyak orang. Warung Soto Bongko yang terkenal bisa ditemukan di sekitar Alun-Alun Sumedang.

Baca Juga: 6 Wisata Kuliner di Medan yang Enak dan Wajib Dicoba, Penasaran?

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet Sumedang berbeda dengan Nasi Liwet dari daerah lain. Nasi ini dimasak dengan santan dan daun salam, sehingga memiliki aroma dan rasa yang khas. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi Nasi Liwet adalah di Warung Nasi Liwet Asep Stroberi.

4. Mie Kocok Sumedang

Mie Kocok Sumedang adalah hidangan mie berkuah yang disajikan dengan daging sapi, bakso, dan kikil. Kuahnya yang gurih dan segar membuatnya cocok dinikmati kapan saja. Tempat yang terkenal dengan Mie Kocok di Sumedang adalah Mie Kocok Mang Dadang.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Wisata Kuliner di Garut yang Enak dan Cocok Jadi Oleh-Oleh

5. Keripik Sukun

Keripik Sukun adalah camilan khas Sumedang yang terbuat dari buah sukun yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi oleh-oleh favorit dari Sumedang. Anda bisa menemukan keripik ini di berbagai toko oleh-oleh di Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru