CLOSE [X]

8 Tips Liburan Akhir Tahun, Agar Kantong Tidak Bokek Setelah Pulang

Selasa, 20 Desember 2022 | 13:52 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika, Jane Aprilyani
8 Tips Liburan Akhir Tahun, Agar Kantong Tidak Bokek Setelah Pulang

ILUSTRASI. Calon penumpang pesawat udara berjalan masuk ke Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (2/1/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.


KOCEK LIBURAN - JAKARTA. Bagi yang berencana pelesiran di akhir tahun, baik ke destinasi wisata di dalam maupun luar negeri akhir tahun ini tentu aroma liburan akhir tahun makin menyengat pada pekan-pekan ini. 

Anda tentu tidak sabar menunggu keberangkatan liburan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Tapi ingat, jangan sampai liburan yang menyenangkan justru mendatangkan petaka keuangan di kemudian hari. 

Tak jarang, akibat terlalu fokus menikmati liburan, Anda lupa kalau untuk menata kondisi keuangan guna menyambung hidup saat pulang dari jalan-jalan.

Nah, supaya Liburan bisa tetap nyaman dan kantong tidak jebol apalagi sampai ngutang gara-gara liburan, Anda mesti merancang betul dengan baik pelesirannya terutama ke luar negeri jauh-jauh hari. 

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum liburan? Bagaimana Merencanakan liburan?

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Sederhana tapi Bermakna untuk Merayakan Natal bersama Keluarga

Selain itu lebih baik lagi jika Anda mempersiapkan liburan ini jauh jauh hari dengan menyisihkan sebagian penghasilan alias menabung, bukan menggunakan utang alias pinjaman.

Berikut beberapa persiapan liburan yang perlu Anda siapkan agar tidak tekor sepulang liburan.

Pertama: lebih spesifik menetapkan negara tujuan. Anda mesti memilih negara yang benar-benar disukai, yang dimimpi-mimpikan sejak lama, karena akan lebih bersemangat dan jangan ikut-ikutan dengan orang lain.

Jika berlibur ke luar negeri, waktu ideal selama di luar negeri adalah tujuh hari sampai 12 hari. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi objek-objek wisata yang paling bagus dan cukup untuk mengeksplorasi negara itu. 

Tapi, kalau pelesirannya di dalam negeri misalnya hanya satu kota Anda cukup mengalokasikan waktu selama dua hari hingga empat hari saja.  

Kedua; berburu tiket pesawat sebaiknya Anda mengecek promosi dari maskapai maupun agen travel lewat internet termasuk media sosial. 

Baca Juga: Jangan ke Monas Saat Malam Tahun Baru, Ini Alasannya

Caranya Anda bisa menjadi follower atau mengikuti media sosial maskapai penerbangan maupun agen perjalanan agar bisa mendapat info terbaru. Lalu bandingkan dengan harga normal tiket pesawat pada waktu keberangkatan yang sama.

Nah biaya pembelian tiket pesawat ini sebaiknya menggunakan uang tabungan atau dana yang sudah disiapkan untuk berlibur bukan menggunakan pinjanman. Tapi kalau terpaksa menggesek kartu kredit sebaiknya segera melunasi dalam waktu copat sebelum berangkat liburan, sehingga tidak ada tagihan lagi sepulang melancong.

Ketiga; sebelum menetapkan tujuan, Anda perlu berselancar lewat aplikasi peta digital untuk mengetahui jarak dari satu destinasi ke lokasi lain agarvlebih mudah menyusun perjalanan sehingga waktu lebih efisien.

Keempat; mencari tempat penginapan yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata yang ingin dituju. Manfaatkan aplikasi tempat mencari penginapan yang biasanya ada promo atau diskon dan bisa dipesan jauh-jauh hari.

Kelima; menentukan tempat-tempat makan. Pilihannya juga bisa Anda cari lewat aplikasi tempat makan. Anda hanya tinggal memilih tempat makan sesuai selera, baik dari sisi menu maupun harga.

Agar tidak kecele dan melewatkan kuliner khas dari destinasi wisata Anda bisa mengalokasikan bujet untuk makan di restoran yang menawarkan kuliner khas agar perjalanan lebih afdol.

Keenam, apabila perjalanan di luar negeri atau luar pulau menggunakan pesawat pikirkan juga perencanaan transportasi yang akan dipakai selama liburan apakah akan menyewa kendaraan baik secara harian atau taksi.

Baca Juga: Rayakan Liburan Akhir Tahun Bersama Holiday Hamper dari Godiva

Ketujuh bujet oleh-oleh. Bujet oleh-oleh ini penting kadang, pos ini menyedot biaya tidak sedikit. Agar kantong tidak bocor sepulang liburan ada baiknya Anda membatasi belanja oleh-oleh maksimal sebesar 10% dari total rencana biaya selama liburan.

Apalagi jika Anda adalah seorang penggemar mode saat jalan-jalan ke luar negeri, tentu butuh bujet besar untuk berbelanja baju, tas, atau sepatu apalagi yang diproduksi oleh merek-merek terkenal yang produknya tidak ada di Indonesia. Nah belanja mode yang branded ini lebih baik dibatasi dengan anggaran maksimal 30% dari total bujet liburan. 

Kedelapan, jangan lupa menyiapkan bujet anggaran darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu selama perjalanan. 

Nah setelah semua siap, Anda bisa menikmati liburan akhir tahun dengan bujet yang terukur.

Tulisan ini disarikan dari artikel Tabloid Kontan, Edisi 1908EK dan Edisi 1612MIV 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru