9 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Apa Saja?

Kamis, 01 Agustus 2024 | 12:03 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
9 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Catat beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib untuk dicoba saat berkunjung.


KULINER - Catat beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib untuk dicoba saat berkunjung. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Surabaya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Surabaya, ibu kota Jawa Timur, terkenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera. 

Melansir dari Wikipedia, Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur yang namanya juga cukup unik dan menarik perhatian.

Baca Juga: Detail Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Kamis 1 Agustus 2024

Selain itu, berikut adalah beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke kota pahlawan ini:

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu kuliner legendaris Surabaya. Makanan ini terdiri dari irisan berbagai macam buah seperti mangga, bengkuang, nanas, dan kedondong yang dicampur dengan sayuran seperti kangkung dan toge. Yang membuatnya khas adalah tambahan cingur (hidung sapi) yang direbus dan diiris tipis. Semua bahan tersebut disiram dengan bumbu petis yang gurih dan sedikit pedas.

2. Lontong Balap

Lontong Balap merupakan hidangan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, lentho (gorengan dari kacang tolo), tauge, dan kuah dengan bumbu bawang putih serta petis. Disajikan dengan tambahan kecap manis dan sambal, lontong balap biasanya dinikmati dengan sate kerang sebagai pelengkap.

Baca Juga: Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Kamis (1/8/2024)

3. Rawon

Rawon adalah sup daging sapi dengan kuah hitam yang berasal dari kluwek, bahan khas yang memberikan warna dan rasa unik. Daging sapi yang digunakan biasanya bagian sandung lamur yang empuk. Rawon disajikan dengan nasi putih, tauge, telur asin, kerupuk, dan sambal terasi.

4. Sate Klopo

Sate Klopo adalah sate daging sapi atau ayam yang dibalut dengan parutan kelapa sebelum dibakar. Proses pembakaran dengan kelapa parut ini memberikan aroma dan rasa yang khas. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong dan bumbu kacang.

5. Semanggi Surabaya

Semanggi adalah sejenis pecel yang menggunakan daun semanggi sebagai bahan utamanya. Daun semanggi direbus dan disajikan dengan tauge, kerupuk puli (kerupuk dari nasi), dan bumbu pecel khas Surabaya yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan gula merah.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Minahasa yang Enak, Apa Saja?

6. Tahu Tek

Tahu Tek adalah tahu goreng yang disajikan dengan lontong, tauge, kentang goreng, dan telur. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang dicampur dengan petis dan kecap manis. Rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas membuatnya sangat disukai.

7. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk adalah nasi goreng khas Surabaya yang terkenal dengan rasa pedasnya yang ekstrem. Nasi goreng ini dibuat dengan campuran bumbu yang sangat pedas, irisan daging, udang, dan telur. Nama "Jancuk" sendiri adalah ekspresi khas Surabaya yang menggambarkan rasa kaget atau terkejut.

8. Gado-Gado Arjuno

Gado-Gado Arjuno adalah salah satu gado-gado legendaris di Surabaya. Gado-gado ini terdiri dari campuran sayuran rebus seperti kentang, tauge, kol, kacang panjang, dan kangkung yang disiram dengan saus kacang kental. Dilengkapi dengan lontong, tahu, tempe, dan telur, gado-gado ini sangat cocok dinikmati sebagai hidangan siang.

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Madura yang Wajib Dicoba dan Sayang Jika Dilewatkan

9. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay adalah bebek goreng yang terkenal dengan dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap hingga ke tulang. Bebek ini disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal pencit (sambal mangga muda) yang pedas dan segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru