Internet

Admin WhatsApp Wajib Tahu Fitur Baru Ini, Cek Juga Cara Keluar WA Grup

Senin, 19 September 2022 | 15:17 WIB Sumber: Kompas.com
Admin WhatsApp Wajib Tahu Fitur Baru Ini, Cek Juga Cara Keluar WA Grup

ILUSTRASI. Admin WhatsApp Wajib Tahu Fitur Baru Ini, Cek Juga Cara Keluar WA Grup


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pengguna WhatsApp (WA) wajib tahu dengan fitur baru ini. Terutama untuk admin WA Grup, bisa memanfaatkan fitur baru tersebut.

Kini, admin grup bisa menghapus pesan yang dikirim oleh anggota di dalam grup. Fitur bernama "Admin Delete" ini diuji coba pada awal Agustus lalu.

Kehadiran fitur Admin Delete ini diklaim dapat membantu admin mengelola dan memoderasi obrolan dalam grup WhatsApp. Pantauan KompasTekno, Jumat (16/9/2022), fitur Admin Delete sudah tersedia dan bisa digunakan.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna WhatsApp harus berperan sebagai admin dalam sebuah WA grup. Selanjutnya, untuk menghapus pesan dari anggota grup lain, admin dapat menekan dan menahan balon chat yang ingin dihapus. Klik ikon "tempat sampah" yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.

Nantinya akan muncul tiga pilihan. Tiga pilihan ini serupa dengan opsi yang muncul saat kita ingin menghapus pesan yang kita kirim kepada orang lain.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Hapus Aplikasi

Untuk menghapus pesan anggota dari grup, pilih opsi "Delete of Everyone/Hapus untuk semua orang". Sebelum menghapus pesan, WhatsApp akan menampilkan pop-up yang menginformasikan bahwa seluruh anggota grup WhatsApp akan bisa melihat nama admin yang menghapus chat tersebut. Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.

Perlu diperhatikan bahwa pesan yang sudah dihapus tidak lagi bisa dilihat di ruang obrolan grup WhatsApp. Chat yang dihapus akan tampak tulisan "This message was deleted by admin (nama admin)" atau dalam bahasa Indonesia "Pesan ini dihapus oleh admin (nama admin)".

Anggota grup WhatsApp bisa melihat nama admin yang menghapus chat di grup. Sebaliknya, admin yang menghapus chat akan menerima notifikasi sebagai berikut: "You deleted this message as admin" atau "Anda menghapus pesan ini sebagai admin".

Cara keluar dari WA Grup tanpa diketahui orang lain

Saat ini bagi pengguna WhatsApp (WA) yang meninggalkan grup akan diketahui semua anggota grup sebab namanya akan muncul di pemberitahuan. Jika Anda menyimpan nomor kontak itu, maka nama kontak tersebut akan tertera.

Sementara jika Anda tidak menyimpan nomor kontak orang yang keluar, maka hanya nomor dan keterangan dia keluar dari grup WhatsApp (WA). Terkadang, orang yang keluar dari grup tanpa berpamitan atau secara mendadak membuat kebingungan antar anggota grup.

Oleh karena itu, WhatsApp bakal meluncurkan fitur baru ini yang bisa membuat pengguna WA keluar dari grup secara diam-diam.

Baca Juga: WhatsApp Sedang Kerjakan Fitur untuk Mengembalikan Pesan yang Baru Dihapus

Cara keluar grup WhatsApp

Dikutip dari India Today, Selasa (9/8/2022), ada dua cara untuk meninggalkan grup WhatsApp.

1. Melalui obrolan grup

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  • Pilih grup yang akan Anda tinggalkan
  • Klik subyek grup
  • Scroll pada akhir halaman
  • Pilih "Keluar dari grup"
  • Akan muncul kotak dialog, pilih "Keluar"
  • Anda sudah keluar dari grup

2. Melalui obrolan chat

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda
  • Pada tampilan banyak obrolan chat, ketuk dan tahan grup di tab chat
  • Jika grup sudah ditandai centang, pilih icon titik tiga pada pojok kanan atas
  • Pilih "Keluar dari grup"
  • Akan muncul kotak dialog,
  • Pilih "Keluar"
  • Anda sudah keluar dari grup.
  • Hanya admin yang akan menerima notifikasi

Setelah pembaruan, bagian dari seri yang tiba di aplikasi selama bulan mendatang, pengguna akan dapat meninggalkan grup secara diam-diam, dengan hanya administrator yang menerima pemberitahuan.

Perusahaan WhatsApp menyebut pembaruan sebagai "fitur privasi", yang mencakup fitur lain yang dikatakan meningkatkan keamanan bagi pengguna.

Fitur baru lainnya

Selain itu, ada juga fitur baru lain yang bakal dirilis WhatsApp yakni fitur yang memungkinkan pengguna membatasi siapa yang dapat melihat saat mereka online.

Mark Zuckerberg, CEO perusahaan induk WhatsApp, Meta, mengatakan dalam sebuah posting Facebook mengungkapkan perubahan tersebut. "Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman seperti percakapan tatap muka," ujar Zuckerberg.


Penulis : Kevin Rizky Pratama, Retia Kartika Dewi
Editor : Yudha Pratomo, Rizal Setyo Nugroho

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup WA Kini Bisa Hapus Pesan dari Anggota",dan "WhatsApp Bikin Fitur Pengguna Bisa Keluar Grup Tanpa Diketahui",

 

Selanjutnya: IHSG Menguat 0,37% ke 7.195 di Akhir Perdagangan Senin (19/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru