Algoritma Data Science School Buka Apprenticeship Scholarship Program

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:18 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Algoritma Data Science School Buka Apprenticeship Scholarship Program

ILUSTRASI. Algoritma Data Science School Buka Apprenticeship Scholarship Program.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa tahun terakhir peran talenta data menjadi profesi vital dan kunci dalam pembangunan ekonomi digital. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan, pada tahun 2030 nanti Indonesia memerlukan 17 juta tenaga kerja yang melek teknologi dan data. 

Bila tidak didukung dengan talenta data yang kompeten, dikhawatirkan Indonesia akan tertinggal dalam menghadapi disrupsi global.

Para generasi muda dinilai mampu menjadi penopang dan penggerak pertumbuhan perekonomian Indonesia di masa depan. Dari data sensus penduduk BPS tahun 2022 tercatat sebanyak 44.696.557 penduduk Indonesia yang masuk golongan usia muda. 

Beberapa tahun ke depan, mereka harus siap memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja yang ada dengan meningkatkan keahliannya agar Indonesia bisa memanfaatkan generasi muda ini dengan maksimal sampai tahun 2030 nanti.

Baca Juga: 6 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Matematika, Cocok Buat yang Suka Hitungan

Dalam misi mengurangi kesenjangan antara ketersediaan praktisi data dan kebutuhan industri, Algoritma Data Science School yang merupakan pelopor dalam pendidikan data science di Indonesia kembali membuka pendaftaran Apprenticeship Scholarship Program senilai Rp 8 miliar.

Program yang bertujuan untuk menyiapkan talenta-talenta muda bangsa menghadapi dunia kerja ini akan dibuka pada 16 Januari 2023. Kesempatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia, guna mendapat akses pendidikan data science yang berkualitas. 

Pembelajaran akan dilaksanakan secara intensif selama 4 bulan, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang dan menjadi bagian dari Algoritma Campus Ambassador.

Dengan semangat mendemokratisasi pembelajaran data science di Indonesia, Algoritma Data Science School kembali memberi kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mempelajari data visualization, machine learning, dan data analytics. Pembelajaran dilakukan secara daring yang akan dibawakan oleh instruktur-instruktur berpengalaman dan bersertifikat internasional. 

Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai program studi dengan kurikulum yang ramah untuk pemula. Selain mempelajari data science secara mendalam, peserta nantinya berkesempatan menjadi Algoritma Campus Ambassador untuk menyebarkan literasi data di tingkat universitas. 

Peserta juga berkesempatan mengikuti program magang agar dapat memantapkan keahliannya sebagai data scientist. Program beasiswa ini ditujukan untuk Anda yang memiliki motivasi serta visi untuk mendalami dunia data dan menciptakan dampak bagi Indonesia.

“Harapan saya, para lulusan Program Beasiswa ini dapat menguasai data science dan menempati posisi penting di berbagai industri di Indonesia, maupun Internasional," ujar Nayoko Wicaksono, Direktur Algoritma Data Science Schoo dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Baca Juga: Asik! Beasiswa LPDP 2023 Sudah Dibuka, Cek Jadwal dan Cara Buat Akunnya

"Apa yang didapatkan di Algoritma akan bermanfaat di banyak bidang yang mereka minati dan di kehidupan sehari-hari, terus asah skill dan keep up dengan perkembangan yang ada. Sehingga dapat mengambil peran dalam mewujudkan visi besar Indonesia,” ungkapnya.

Kriteria penerima beasiswa penuh yaitu pemilik KTP Indonesia dan mahasiswa aktif, dibuktikan dengan kartu tanda mahasiswa. Lalu memiliki laptop dan fasilitas lain pendukung kegiatan belajar jarak jauh dan bersedia untuk menjalankan kegiatan sebagai Algoritma Campus Ambassador.Kemudian bersedia untuk mengikuti program magang yang diadakan oleh Algoritma.

Pendaftaran Apprenticeship Scholarship Program akan berjalan pada 16 Januari - 17 Februari 2023. Mahasiswa terpilih akan diumumkan pada tanggal 1 Maret 2023 dan kelas akan dimulai pada 13 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru