6 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Matematika, Cocok Buat yang Suka Hitungan

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Matematika, Cocok Buat yang Suka Hitungan

ILUSTRASI. 6 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Matematika, Cocok Buat yang Suka Hitungan.


KONTAN.CO.ID -  Jurusan Matematika sering dianggap sebagai jurusan yang sulit karena berkaitan dengan hitungan dan rumus.

Selain berhubungan dengan rumus dan hitungan, masih banyak orang yang berpikiran sempit dan menganggap bahwa lulusan jurusan matematika hanya bisa mengajar dan menjadi guru.

 Padahal, jurusan ini memiliki banyak prospek kerja yang menjanjikan dan tentunya memiliki karir serta gaji yang cukup tinggi.

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Syarifuddin membagikan enam profesi menjanjikan untuk lulusan matematika.

Baca Juga: Apa Itu LoA Unconditional? Ini Pengertian dan Kriterianya untuk Syarat LPDP 2023

Prospek menjanjikan jurusan Matematika

1. Data analyst

Lulusan jurusan matematika memiliki peluang yang besar menjadi seorang data analyst.

Profesi ini sangat cocok bagi para lulusan matematika karena erat kaitannya dengan mengolah, manafsirkan dan menyajikan data ke dalam bentuk informasi yang lebih berguna dan mudah dipahami.

“Sehingga hal ini dapat digunakan untuk membuat laporan dan membuat kebijakan yang lebih baik terkait hal-hal tertentu, seperti pemasaran, strategi penjualan dan lain sebagianya,”ujar Syarif, dikutip dari situs UM Surabaya.

2. Programmer

Peluang kerja menjanjikan untuk lulusan Matematika selanjutnya adalah programmer. Pekerjaan ini dinilai cocok dengan lulusan jurusan matematika karena pada bahasa pemprograman erat kaitannya dengan logika dan algoritma. 

Kedua hal ini menjadi salah satu keahlian yang dimiliki oleh seorang lulusan jurusan matematika.

“Mahasiswa lulusan jurusan matematika tentunya sudah terbiasa dengan materi logika matematika yang banyak digunakan oleh para programmer dalam membuat dan mengembangkan software atau perangkat lunak,”imbuhnya lagi.

3. Content creator

Content creator merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak diminati oleh generasi millennial dan generasi Z. 

Pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa lulusan jurusan matematika, yaitu dengan membuat video-video edukasi tentang cara menghitung dan menyelesaikan soal matematika.

Lulusan jurusan ini juga bisa memberi pengetahuan tentang berbagai macam rumus matematika dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Baca Juga: Apa Saja Materi Tes SNBT 2023? Simak Kisi-Kisi Materi Subtes SNBT Tahun Ini

Konten tersebut kemudian diunggah di berbagai platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram dan berbagai media sosial lainnya sehingga dapat mengedukasi para penonton. 

Semakin banyak orang yang mengikuti dan melihat konten tersebut, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan uang dari konten yang dibuat.

4. Aktuaris

Saat ini profesi aktuaris sangat dibutuhkan di dunia kerja. Profesi ini merupakan tenaga professional yang ahli dalam menerapkan teori matematika, probabilitas dan statistika ke dalam masalah-masalah keuangan. 

Tugas penting seorang aktuaris adalah melakukan analisa terhadap situasi dan kondisi finansial suatu perusahaan yang kemudian dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan agar dapat meminimalisir risiko dan kerugian.    

5. Analis pemasaran

Menganalisis kondisi pasar merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Hal itu dilakukan untuk melihat dan menilai potensi produk, target pemasaran dan harga yang tepat untuk ditawarkan.

“Dengan kemampuan pada materi statistika, peluang dan aritmatika sosial menjadi dasar bagi mahasiswa lulusan jurusan matematika untuk menggeluti pekerjaan ini,” imbuhnya lagi.

6. Ahli statistik

Mahasiswa lulusan matematika memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang pengolahan data dan statistik negara maupun lembaga survey.

“Dengan bekal kemampuan pada materi statistika yang telah dipelajarinya, mahasiswa lulusan jurusan matematika sangat cocok menggeluti pekerjaan sebagai ahli statistik,” jelas Syarif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru