Apa itu narrative text? Ini ciri-ciri dan contoh teksnya

Selasa, 18 Agustus 2020 | 10:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Apa itu narrative text? Ini ciri-ciri dan contoh teksnya


EDUKASI -  Pernahkah Anda membaca atau menemukan soal berupa teks dongeng di soal bahasa Inggris? Teks tersebut bernama narrative text atau teks narasi. 

Teks jenis ini sering muncul di soal ujian bahasa Inggris baik SD, SMP, dan SMA. Biasanya soal yang muncul setelah teks ini berupa soal tenses yang dipakai atau nilai moral.

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Narrative text memang berbentuk teks cerita. Tujuan dari teks ini adalah untuk menghibur pembaca atau menceritakan sebuah kisah. Narrative text biasanya berupa dongeng, fabel, atau cerita rakyat.

Melansir dari laman English First, narrative text memiliki struktur yang unik. Struktur tersebut berupa:

  • Orientation (pengenalan tokoh dan latar)
  • Complication (konflik dalam cerita)
  • Resolution (pemecahan masalah)
  • Reorientation (kesimpulan)

Narrative text sering disamakan dengan recount text, padahal mereka berbeda. Berbeda dengan narrative text, recount text mengisahkan pengalaman pribadi atau sebuah biografi tokoh. 

Baik narrative maupun recount text menggunakan tenses yang sama. Karena menceritakan kejadian di masa lampau, dua text ini menggunakan past tense. Anda bisa menemukan bentuk simple, continuous, atau perfect dalam bentuk past di narrative dan recount text.

Dalam narrative dan recount text biasanya mengandung moral value. Anda mungkin sering menjawab pertanyaan tentang nilai moral yang ada di kedua teks tersebut. Berikut contoh narrative text, bersumber dari Bedtime Short Stories

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru