HOME

Asosiasi Pesepakbola Inggris temui otoritas Liga Inggris untuk bahas pemotongan gaji

Kamis, 26 Maret 2020 | 09:37 WIB Sumber: Kompas.com
Asosiasi Pesepakbola Inggris temui otoritas Liga Inggris untuk bahas pemotongan gaji

ILUSTRASI. Ilustrasi Liga Inggris

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA) akan menggelar pertemuan dengan otoritas Liga Inggris untuk membahas pemotongan gaji pemain. 

Seperti yang diketahui, gelaran kompetisi Liga Inggris divisi teratas dan divisi di bawahnya sedang dihentikan sementara waktu. Kompetisi terpaksa dihentikan lantaran pandemi virus corona yang mengganas di Inggris. 

Terhentinya roda kompetisi menimbulkan dampak yang merugikan, terutama untuk finansial. Klub-klub sepak bola di Inggris harus kehilangan sumber pemasukan utama mereka, yakni dari uang tiket dan nilai hak siar. 

Baca Juga: Legenda Inter Milan sarankan pemain Serie A potong 5% gaji untuk atasi virus corona

Hal tersebut membuat klub-klub Inggris berencana untuk memotong pendapatan pemain mereka dan rencana itu tampaknya bukan isapan jempol semata. 

Dilansir dari BBC, Kamis (26/3), PFA berinisiatif menggelar pertemuan dengan otoritas Liga Inggris untuk membahas pemotongan gaji pemain. 

"Untuk menghadapi situasi ini, kami telah menyerukan pertemuan mendesak dengan Liga Premier dan EFL untuk membahas bagaimana kami dapat menentukan langkah selanjutnya," demikian pernyataan PFA. 

"Beberapa klub telah mendekati pemain dengan maksud untuk memberlakukan penundaan pembayaran," bunyi pernyataan yang sama.  Di Inggris, baru ada satu klub yang melakukan pemotongan gaji untuk menghemat pengeluaran. 

Klub tersebut adalah Birmingham City, yang bermain di kasta kedua Liga Inggris atau divisi Championship. Birmingham menerapkan pemotongan gaji sebesar 50% bagi pemain yang memiliki gaji £ 6.000 (sekitar Rp 113 juta) per pekan. 

Bukan hanya di Inggris. Beberapa klub Eropa lain juga sedang menggodok rencana ini. Bahkan, dua klub papan atas Bundesliga Jerman Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund dikabarkan telah menerapkan pemotongan gaji. 

Baca Juga: Potensi pamangkasan gaji, ini sikap skuad Barcelona

Para pemain Bayern Muenchen sepakat memotong gaji mereka sebesar 20% demi mendukung staf klub yang terdampak pandemi corona. Pelatih dan pemain Borussia Dortmund juga rela memotong gaji mereka, agar bisa menabung lebih dari € 10 juta (sekitar Rp 175 miliar) untuk membantu 850 karyawan dan staf, seperti dilansir dari Kicker. (Faishal Raihan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PFA Akan Temui Otoritas Liga Inggris untuk Bahas Pemotongan Gaji Pemain".


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru