Awas spoiler! Boruto episode 218: Kurama dan Naruto berpisah setelah sekian lama

Senin, 04 Oktober 2021 | 09:32 WIB   Penulis: Arif Budianto
Awas spoiler! Boruto episode 218: Kurama dan Naruto berpisah setelah sekian lama

ILUSTRASI. Awas spoiler! Boruto episode 218: Kurama dan Naruto berpisah setelah sekian lama

KONTAN.CO.ID - Awas spoiler! Boruto episode 218: Kurama dan Naruto berpisah untuk selamanya. Kurama ternyata telah membohongi Boruto, bayaran dari Baryon mode adalah nyawa si ekor sembilan.

Boruto episode terbaru sepertinya telah membuat para penggemarnya pecah. Bagaimana tidak? Kurama yang selama ini menemani penggemar Naruto sejak awal penayangannya, kini telah tiada.

Apa pesan Kurama ke Naruto sebelum kepergiannya? Apakah Naruto masih memiliki kekuatan yang besar atas kepergian Kurama yang disegel di dalam tubuhnya?

Oleh karena itu, mari kita bahas Boruto episode 218. Bila Anda belum nonton Boruto episode baru, pelru diperhatikan ini mengandung SPOILER! Sebelum Anda scroll lebih jauh lagi, kami peringatkan sekali lagi, ini mengandung SPOILER Boruto episode 218.

Baca Juga: Sinopsis dan jadwal Boruto episode 218: Bagaimana nasib Kawaki selanjutnya?

[SPOILER] Pembahasan Boruto episode 218

Ketika para Bijuu, termasuk Kurama masih muda

Boruto episode 218 telah tayang hari Minggu (3/10/2021) mulai pukul 16:30 WIB lewat beberapa platform streaming anime. Episode terbaru kali ini merupakan babak final pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. 

Setelah Isshiki berhasil membuat Naruto CS terpojok, dia berhasil menarik Kawaki lewat cakra Naruto yang terhubung di tangan buatan yang digunakan bocah tersebut. Tujuan Isshiki pun semakin dekat karena "wadah" yang dituju sudah di depan mata. 

Sebaliknya, ternyata Kawaki telah merencanakan sesuatu. Isshiki memang berhasil menangkap Kawaki dan membuat karma di tubuh bocah tersebut.

Sayangnya salah sasaran, yang ditangkap Isshiki adalah Bunshin atau jurus bayangan yang menggandakan diri menggunakan chakra. Alih-alih karmanya berhasil dicetak di tubuh Kawaki, ternyata karma tersebut hilang kembali.

Kawaki yang menyadari umur Isshiki tidak lama lagi, kemudian muncul dan memberikan perlawanan terakhirnya. Hingga pada akhirnya, Isshiki sudah dipastikan musnah.

Bukannya keadaan semakin membaik, tiba-tiba saja Boruto terbangun dan menyerang Rinnegan milik Sasuke. Boruto ternyata terbangun dengan keadaan tanpa kesadaran, dirinya sepenuhnya dikuasai oleh Momoshiki.

Seperti muncul di pertarungan melawan Boro, penampilan Boruto dalam keadaan karma yang menyala dan tanduk yang muncul di kepalanya. Suaranya juga berubah, karena tubuhnya memang sedang dikuasai oleh Momoshiki.

Meskipun tampak terluka, Sasuke menyadari bahwa Boruto dapat kembali sadar apabila chakra-nya telah terisi penuh. Kawaki yang menjadi umpan mencoba membakar dirinya Momoshiki tak ingin bocah tersebut penting untuk menjadi umpan ekor 10.

Setelah chakra dari api yang membakar Kawaki diserap Momoshiki, Boruto pun kembali sadar. Demi memukul mundur Momoshiki dari dalam tubuhnya, Boruto akhirnya mematahkan tanduk yang ada di kepalanya.

Pada akhirnya, Boruto kembali sadar lalu terkapar, tepat di sebelah Kawaki.

Scene paling menyentuh akhirnya tiba juga. Setelah semua pertarungan berakhir, kita diperlihatkan perbincangan Naruto dan Kurama.

Mereka berbincang, mengenang masa kecilnya yang selalu bersama, bahkan sampai Naruto menggapai mimpinya menjadi Hokage. Naruto menganggap bahwa dia dan Kurama telah meninggal.

Namun Kurama berbohong, Naruto tidak akan mati meskipun telah menggunakan Baryon mode. Kurama akhirnya menjelaskan bahwa bayaran jurus tersebut adalah nyawanya sendiri.

Di saat terakhirnya, Kurama mengepalkan tangannya menuju ke Naruto seperti saat pertama kali mereka akhirnya sepakat berteman. Perbincangan dan kenangan masa kecil antara Naruto dan Kurama juga diperlihatkan dalam episode ini.

Sebelum akhirnya berpisah, Kurama menitip pesan kepada Naruto. Kurama mengingatkan kepada Naruto supaya tetap berhati-hati karena kekuatannya sudah tidak lagi melebihi kemampuan manusia pada umumnya.

Hal ini dikarenakan Kurama sepenuhnya telah hilang dari tubuh Naruto.

Tak percaya akan hal tersebut, bola mata Naruto mulai berkaca-kaca sambil mencegah kepergian Kurama. Hingga pada akhirnya, Naruto tersadar Boruto menggenggam tangannya.

Para penggemar Boruto dan Naruto pasti setuju, kepergian Kurama ini begitu menyentuh hati. Bagaimana tidak? Serial Naruto mungkin telah menemani beberapa penggemarnya sejak kecil bahkan hingga dewasa di mana telah melewati berbagai hal.

Hal tersebut juga sama dengan Naruto dan Kurama, di mana mereka telah melewati berbagai hal hingga pada akhirnya cita-cita sebagai Hokage terwujud.

Boruto episode 218 selengkapnya dapat Anda saksikan lewat platform streaming anime resmi, seperti iQIYI, Crunchyroll atau WeTV. 

Selanjutnya: Serba serbi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 2, sinopsis hingga tanggal rilis

Editor: Arif Budianto
Terbaru