Sport

Balap MotoGP 2020 mulai pekan depan, catat jadwal seri pembukanya

Sabtu, 11 Juli 2020 | 19:20 WIB Sumber: Kompas.com
Balap MotoGP 2020 mulai pekan depan, catat jadwal seri pembukanya

ILUSTRASI. Setelah tertunda akibat wabah corona, gelaran balap MotoGP 2020 akan dimulai pekan depan dengan Jerez sebagai seri pembuka.

KONTAN.CO.ID - JEREZ. Setelah tertunda akibat wabah corona, gelaran balap MotoGP 2020 akan dimulai pekan depan dengan Jerez sebagai seri pembuka.

MotoGP 2020 sempat terhenti karena pandemi virus corona yang melanda dunia. Banyak seri MotoGP 2020 yang kemudian diundur pelaksanaannya, bahkan ada juga yang ditangguhkan.

Namun, penantian panjang para penggemar MotoGP tampaknya bakal segera berakhir. Pasalnya, ajang balap roda dua paling populer di dunia itu akan kembali bergulir pekan depan.

Para rider MotoGP akan berangkat ke Spanyol untuk menjalani seri pembuka (seri ke-2 untuk Moto2 dan Moto3) di Sirkuit Jerez.

Baca Juga: Batal gelar MotoGP, Sirkuit Mugello malah helat balapan Formula 1

Pekan pertama MotoGP 2020 akan berlangsung berbeda dibandingkan pada musim-musim sebelumnya. Sebab, para pebalap sudah mengaspal pada Rabu.

Ya, alih-alih baru turun ke lintasan pada Jumat, para pembalap sudah bisa menggeber motor balap masing-masing pada Rabu (15/7) mulai pukul 08.30 waktu setempat.

Hari Rabu akan diisi dengan dua sesi tes. Tes ini digelar untuk membantu pembalap menemukan kembali sentuhannya dengan si kuda besi.

Sekadar informasi, pembalap MotoGP dari pabrikan non-konsesi dilarang untuk berlatih dengan motor balap mereka ketika tidak berkompetisi.

Hari berikutnya, Kamis (16/7), para pembalap hanya disibukkan dengan konferensi pers dan foto bersama untuk musim 2020.

Sesudah itu, jadwal MotoGP berjalan seperti biasa yaitu dua sesi latihan bebas pada Jumat, dua sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu, dan balapan pada Minggu.

Apabila berkaca pada hasil musim lalu, Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pebalap favorit untuk memenangi balapan MotoGP Spanyol. Marc Marquez juga memiliki rekor bagus karena tidak pernah absen dari podium di Jerez sejak debut di MotoGP pada 2013.

Meski begitu, kekuatan Yamaha dan Suzuki juga perlu diwaspadai mengingat performa kompetitif mereka saat tes pramusim terakhir.

Maverick Vinales mempersembahkan podium bagi Yamaha pada MotoGP Spanyol 2019. Fabio Quartararo juga tampil mengesankan dengan menyabet pole position.

Pebalap andalan Suzuki Ecstar, Alex Rins, juga tampil mengesankan setelah menjadi runner-up MotoGP Spanyol meski start dari posisi kesembilan.

Baca Juga: Ayah Jorge Lorenso bocorkan rencana masa depan anaknya, simak ya

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru