Sport

Batal gelar MotoGP, Sirkuit Mugello malah helat balapan Formula 1

Sabtu, 11 Juli 2020 | 10:22 WIB Sumber: Kompas.com
Batal gelar MotoGP, Sirkuit Mugello malah helat balapan Formula 1

ILUSTRASI. Formula One F1 bakal digelar di Sirkuit Mugello, Italia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sirkuit Mugello memang tidak akan jadi lokasi penyelenggaraan MotoGP pada tahun ini. Dikutip dari laman resmi MotoGP, 2020 jadi tahun pertama Mugello tak menggelar balap MotoGP dalam hampir 30 tahun terakhir. 

Tak adanya MotoGP di Mugello merupakan imbas dari kekacauan jadwal akibat pandemi virus corona. 

Baca Juga: Valtteri Bottas finis terdepan dan Lando Norris raih podium perdana di GP Austria

Walau tak menggelar balap MotoGP, ternyata sirkuit yang berlokasi di Tuscany, Italia Tengah itu bakal menghelat ajang balapan lainnya. 

Pasalnya, Mugello untuk pertama kalinya dipilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan balap Formula 1. Pengumuman tersebut disampaikan pihak F1 pada Jumat (10/7) kemarin. 

Mugello akan menjadi lokasi penyelenggaraan seri kesembilan yang dijadwalkan berlangsung pada 11-13 September mendatang. Sampai sejauh ini, F1 2020 dijadwalkan berlangsung sebanyak 10 seri yang dihelat di delapan sirkuit di tujuh negara. 

Namun, tak menutup kemungkinan ada penambahan seri menyusul mulai banyaknya negara tuan rumah yang melonggarkan kebijakan penguncian alias lockdown. Pihak F1 masih berupaya bisa menggelar balap hingga 15 atau 18 seri. 

Baca Juga: Ayah Jorge Lorenso bocorkan rencana masa depan anaknya, simak ya

Rangkaian seri pertama F1 sudah digelar di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Austria, 3-5 Juli silam. Adapun seri kedua akan kembali digelar di sirkuit yang sama pada 10-12 Juli ini. 

Seri pertama dimenangi pebalap Finlandia dari tim Mercedes, Valtteri Bottas. Melengkapi podium, ada pebalap Monaco, Charles Leclerc (Ferrari) di posisi kedua, disusul Lando Norris (McLaren/Inggris). 

Adapun sang juara dunia 2019, Lewis Hamilton (Mercedes/Inggris) hanya menempati posisi keempat. Hamilton terkena penalti 5 detik yang membuatnya gagal naik podium. (Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Helat MotoGP, Sirkuit Mugello Berubah Jadi Sirkuit F1".

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru