HOME

Beberapa aplikasi populer iPhone alami crash, ini penyebabnya

Minggu, 12 Juli 2020 | 10:45 WIB Sumber: The Verge
Beberapa aplikasi populer iPhone alami crash, ini penyebabnya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengguna iPhone dan iPad baru-baru ini keluhkan beberapa aplikasi populer yang tidak berjalan semestinya. Aplikasi seperti Spotify, Pinterest, TikTok dan aplikasi populer lainnya tidak bisa dibuka.

Melansir dari halaman TheVerge.com (10/07), pengguna iPhone dan iPad keluhkan beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka. Permasalahan terjadi saat baru membuka aplikasi kemudian secara tiba-tiba terlempar keluar. 

Setelah ditelusuri, permasalahan tersebut terjadi pada aplikasi yang memberikan pilihan login dengan akun Facebook. Misalkan, Spotify aplikasi tersebut memberikan pilihan penggunanya untuk login dengan Facebook. Meskipun ada pilihan lain, jika pengguna menggunakan akun Facebook untuk login pada aplikasi tertentu, maka akan mengalami permasalahan serupa.

Meski mempermudah pengguna login dengan mudah hanya dengan akun Facebook, faktanya ada sesuatu dibelakangnya yang tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga: Pecinta anime One Piece, wajib download game ini di Android dan iOS

Masih melansir dari halaman The Verge.com, menurut salah satu developer bernama Guelherme Rambo, Facebook SDK diketahui dapat mengoleksi banyak data pengguna aplikasi populer seperti TikTok, Spotify, Pinterset dan aplikasi lain dengan pilihan login menggunakan akun Facebook. 

Kasus ini bukan pertama kalinya ditemukan di iPhone dan iPad yang menggunakan sistem operasi iOS. Pada bulan Mei lalu juga sempat terjadi kasus serupa dan sejumlah developer juga telah memperbaikinya.

Untuk saat ini sejumlah aplikasi yang mengalami crash sudah bisa berjalan dengan normal. Meski demikian bagi pengguna iPhone dan iPad yang masih menemukan permasalahan yang sama dianjurkan menggunakan aplikasi bernama Lockdown Apps. 

Baca Juga: Game gratis dari Epic Games minggu ini, segera klaim!

Pengguna dapat menemukan dan mengunduh aplikasi Lockdown Apps ini di Appstore. Dengan menggunakan Lockdown Apps beberapa aplikasi yang crash bisa kembali berjalan normal. Pastikan Lockdown Apps berjalan terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi yang mengalami crash.

Editor: Arif Budianto


Terbaru