Sport

Begini kronologi kasus manipulasi keuangan Manchester City

Minggu, 16 Februari 2020 | 20:26 WIB Sumber: The Guardian
Begini kronologi kasus manipulasi keuangan Manchester City

ILUSTRASI. Manchester City terbukti lakukan manupulasi laporan keuangan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awan gelap sedang menaungi tim sepakbola asal Inggris, Manchester City. Badan sepakbola Eropa (UEFA) telah menjatuhi hukuman larangan tampil di Liga Champions selama dua tahun bagi City.

Mengutip Guardian, Pelatih Manchester City Pep Guardiola pun diusir dari kompetisi Eropa selama dua tahun ke depan dan mendapatkan denda sebesar € 30 juta atau setara US$ 32,49 juta.

The Citizens, julukan Manchester City, dituding telah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) yang dirilis oleh UEFA. 

Dalam pernyataan resminya, pemangku kebijakan dari Badan Kontrol Keuangan Klub (CFCB) yang mengelola kepatuhan terkait aturan keuangan menemukan bahwa City terbukti melakukan pelanggaran serius. 

Baca Juga: UEFA larang Manchester City ikut kompetisi liga Eropa dua musim

Manchester City dianggap telah memanipulasi perolehan pendapatan dari sponsornya. Baik di akun resmi klub dan dalam informasi yang disampaikan kepada UEFA antara tahun 2012 dan 2016 silam.

Selain itu, klub asal kota Manchester tersebut juga dinilai sulit untuk diajak bekerja sama sepanjang masa penyelidikan. Ini terlihat saat City tidak dapat memberikan beberapa informasi yang diminta, sekaligus pejabat tim juga menolak untuk dimintai keterangan. 

Dus, temuan ini lah yang menghasilkan larangan tampil selama dua tahun dari Liga Champions termasuk denda.

Editor: Anna Suci


Terbaru