Berbagi Sepatu Emas dengan Salah, Son Heung-Min Pemain Asia Top Skorer Liga Inggris

Senin, 23 Mei 2022 | 09:44 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Berbagi Sepatu Emas dengan Salah, Son Heung-Min Pemain Asia Top Skorer Liga Inggris

ILUSTRASI. Striker Tottenham Hotspur dan tim nasional Korea Selatan, Son Heung-Min.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liga Inggris musim 2021-2022 berlangsung sengit hingga akhir laga. Tak hanya perebutan juara, tiket kompetisi Eropa dan degradasi, perburuan sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak juga menyajikan keseruan.

Pemain Liverpool Mohamed Salah dan Son Heung-Min dari Tottenham Hotspur akhirnya harus rela berbagi trofi Golden Boot. Salah dan Son memuncaki klasemen top scorers setelah sama-sama mencetak 23 gol sepanjang musim ini.

Pada laga terakhir, Minggu (22/5) kemarin, Salah menambah koleksi golnya saat menjebol gawang Wolverhampton. Meski membawa Liverpool menang 3-1 dalam partai tersebut, namun Salah gagal mengangkat The Reds menjuarai Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Manchester City Juara Lagi, Tottenham Kantongi Tiket Liga Champions

Sedangkan bagi Son, gelar top scorers itu terasa makin istimewa. Secara individu, pemain asal Korea Selatan tersebut mencetak sejarah sebagai pemain Asia Pertama yang menggondol trofi sepatu emas di Liga Inggris.

Di ranah tim, agresivitas Son membawa Tottenham sukses finish di posisi keempat untuk mengunci tiket Liga Champions musim depan. Tottenham mengoleksi 71 poin, unggul 2 poin dari rival sekotanya, Arsenal yang harus puas hanya mendapat tiket di Liga Eropa.

Pada laga terakhir, Son menyumbang dua gol saat Tottenham membantai tim juru kunci Norwich dengan skor 5-0. Son mencetak gol pada menit ke-70 dan ke-75.

Baca Juga: Juara Piala FA Usai Tumbangkan Chelsea, Liverpool Jaga Asa Raih Quadruple Musim Ini

Di jajaran pencetak gol terbanyak, Son dan Salah mengungguli bomber Manchester United Cristiano Ronaldo yang mencetak 18 gol sepanjang musim ini. Sementara itu, di posisi keempat dan kelima daftar top scorers, ada rekan satu tim Son dan Salah.

Striker Tottenham Harry Kane ada di peringkat keempat dengan membungkus 17 gol, dibuntuti penyerang Liverpool Sadio Mane yang mengemas 16 gol hingga akhir musim 2021-2022.

Adapun dari sisi penyumbang assist, Mohamed Salah jauh lebih unggul. Pemain berkebangsaan Mesir tersebut memberikan 13 assist dan menjadi raja assist di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Ini Profil Miliarder Pemilik Baru Klub Sepak Bola Chelsea

Sedangkan Son hanya mengoleksi 7 assist. Di jajaran pemberi assist terbanyak, pemain Liverpool mendominasi. Di bawah Salah, ada bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold yang mengoleksi 12 asssist

Disusul oleh bek kiri Liverpool, Andrew Robertson yang mengemas 10 assist sepanjang musim. Selain Robertson, pemain Leicester City Harvey Barnes, Mason Mount dari Chelsea, dan pemain West ham United Jarrod Bowen juga sama-sama mengoleksi 10 assist di Liga Inggris musim ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru