Biografi Nikola Tesla, penemu arus listrik bolak-balik yang dianggap gila

Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biografi Nikola Tesla, penemu arus listrik bolak-balik yang dianggap gila


EDUKASI - Mungkin, masih ada yang tidak kenal dengan Nikola Tesla. Pria kelahiran 10 Juli 1856 ini adalah penemu arus bolak-balik listrik dan radio ini terkenal dengan kejeniusannya. 

Nikola Tesla lahir di Kroasia dan tumbuh di keluarga pendeta Orthodox. Awalnya, sang ayah mendorong Tesla untuk menjadi pendeta, tetapi dia lebih menyukai sains. 

Bersumber dari Biography, Nikola Tesla menamatkan sekolahnya di University of Prague. Pada 1870-an, ia pindah ke Budapest dan bekerja di perusahaan telepon.

Di kota inilah, Nikola Tesla menemukan ide untuk membuat motor listrik. Saat umur 28, dia memutuskan meninggalkan Eropa dan pindah ke Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Biografi singkat Bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno

Di negeri paman Sam, Nikola Tesla bekerja di perusahaan milik Thomas Edison. Tepatnya pada 1884, dia resmi bekerja di kantor milik Edison yang bergerak di industri listrik DC.

Dua ilmuwan ini dengan segera bekerja mengembangkan banyak inovasi. Inovasi tersebut kebanyakan merupakan temuan Edison. Sayangnya, kerjasama mereka tidak bertahan lama. 

Karena perbedaan pandangan, Nikola Tesla memutuskan berhenti bekerja dengan Edison. Edison yang fokus pada bisnis tidak cocok dengan mindset Tesla. 

Pada 1885, Nikola Tesla mulai membuat penemuannya sendiri. Mengutip History, tahun 1887 dan 1888, ia menghasilkan lebih dari 30 hak paten untuk temuannya. 

Baca Juga: Mengenal Colin Huang, anak muda di China yang kekayaannya lampaui Jack Ma

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru