Edukasi

Bisa berujung perceraian, ini faktor paling umum penyebab sexless marriage

Rabu, 05 Agustus 2020 | 20:44 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Bisa berujung perceraian, ini faktor paling umum penyebab sexless marriage

ILUSTRASI. Mengetahui lebih dini penyebab sexless marriage agar lebih cepat teratasi sehingga tidak berujung perceraian.

KONTAN.CO.ID - Sexless marriage atau pernikahan tanpa seks merupakan kondisi saat pasangan jarang melakukan hubungan intim. Untuk beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan keretakan rumahtangga.

Dikutip dari Healthline, Dr. Rachel Becker-Warner, relationship and sex therapist Program in Human Sexuality University of Minnesota, mendeskripsikan sexless marriage sebagai "hubungan apa pun ketika keintiman seksual terjadi 10 kali atau kurang dalam periode satu tahun".

Tapi, Barker-Warner bilang, sexless marriage tidak selalu buruk. Ini tergantung dari masing-masing pasangan. Jadi, perlu ada komunikasi yang jelas terhadap hubungan seksual Anda.

Baca Juga: Bisa dinikmati bersama, ini 3 film kartun yang mendidik untuk anak dan keluarga 

Cobalah untuk berkomunikasi pada pasangan, apakah sexless marriage mengganggu hubungan Anda berdua. Jika memang hubungan seksual menjadi hal esensial dalam pernikahan, sebaiknya segera memperbaiki sexless marriage Anda. 

Semakin cepat Anda tahu penyebab sexless marriage, semakin cepat bisa teratasi. Jika sexless marriage Anda biarkan terlalu lama, bisa menimbulkan pertengkaran hingga perceraian. 

Sexless marriage bisa terjadi karena beberapa faktor. Bersumber dari Healthline, berikut penyebab dari sexless marriage:

  • Stres yang berlebihan

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya sexless marriage. Gejala dari stres berlebihan seperti kurang energi dan lelah menjadi faktor pasangan enggan berhubungan seksual.  

Baca Juga: Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru