Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara mengusir lalat yang efektif

Jumat, 13 November 2020 | 07:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara mengusir lalat yang efektif

ILUSTRASI. Cara mengusir lalat bisa menggunakan bahan alami. Foto: Dok. Wikipedia


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Lalat merupakan salah satu jenis serangga yang perlu segera dibasmi karena dapat menyebarkan berbagai macam jenis penyakit, seperti disentri, infeksi mata, hingga TBC. Beberapa cara mengusir lalat dalam artikel ini bisa Anda coba agar serangga itu tak lagi muncul di tempat tinggal Anda.

Menanam Tumbuhan

Mengutip dari Healthline (healthline.com), menanam berbagai macam tumbuhan tertentu bisa jadi cara membasmi keberadaan lalat. Beberapa contoh tumbuhan yang bisa Anda tanam adalah kemangi, daun salam, lavender, atau Bunga Marigold.

Beberapa jenis tumbuhan itu juga bisa Anda manfaatkan dalam sebuah hidangan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cabe rawit untuk mengusir lalat. Caranya adalah dengan mencampur cabe rawit dengan air. Setelah itu, semprotkan campuran itu di sekitar rumah.

Cuka Apel dan Sabun Cuci Piring

Cara mengusir lalat selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan campuran cuka apel dan sabun cuci piring. Pertama, campurkan 1 inci cuka apel dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Letakkan campuran itu pada wadah tinggi lalu tutup dengan plastic wrap.

Baca Juga: 4 Cara mengusir kecoa terbaik yang patut dicoba

Pastikan agar tak ada celah di sekitar plastic wrap. Jangan lupa untuk melubangi bagian atas. Tujuannya agar lalat tertarik untuk masuk ke jebakan yang sudah Anda buat. Alih-alih berada di permukaan cuka apel, lalat akan tenggelam karena ada sabun cuci piring.

Selain cuka apel dan sabun cuci piring, Healthline merekomendasikan bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan sebagai jebakan lalat. Misalnya, gula atau madu, wine atau anggur merah, buah-buahan, dan daging.

Insektisida

Jika jumlah lalat di tempat tinggal Anda terlalu banyak, cara mengusir lalat yang cukup efektif adalah dengan memakai insektisida. Anda perlu memerhatikan beberapa hal jika ingin memakai insektisida. Mulai dari ventilasi, insektisida khusus dalam ruangan, dan cara pemakaiannya.

Baca Juga: 4 tanaman pengusir nyamuk, cocok jadi hiasan juga bahan makanan

Cara Mencegah Munculnya Lalat

Cara-cara di atas hanya berlaku dalam jangka waktu singkat saja. Jika Anda tak mencegah datangnya lalat, serangga itu akan kembali muncul di tempat tinggal Anda. Pertama, Anda perlu memerhatikan bahwa tak ada lubang di rumah Anda yang bisa digunakan lalat sebagai jalur masuk dan keluar.

Kedua, gunakan tempat sampah dengan penutup dan bila tempat sampah sudah penuh, segera buang isinya. Ketiga, simpan sisa makanan di wadah yang tertutup rapat. Keempat, jangan biarkan piring kotor menumpuk karena akan mengundang lalat.

Selanjutnya: 5 Cara mengusir cicak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru