Otomotif

Bodi ramping, harga sepeda motor listrik ini lebih mahal dari MINI Cooper

Selasa, 15 September 2020 | 11:50 WIB Sumber: Electrek
Bodi ramping, harga sepeda motor listrik ini lebih mahal dari MINI Cooper

ILUSTRASI. Punya bodi ramping, harga sepeda motor listrik ini lebih mahal dari MINI Cooper

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Startup Jerman bernama NOVUS kini rilis sepeda motor listrik dalam wujud aslinya. NOVUS mematok sepeda motor listrik ini dengan harga € 46.284 atau sekitar Rp 810 juta.

Harga tersebut lebih mahal dari sebuah Mini Cooper 5-doors. Pada laman resmi MINI Indonesia, MINI Cooper 5-doors berbanderol Rp 795 juta.

Mengutip dari situs Electrek.com, di tahun 2019 NOVUS telah meluncurkan prototype pertama sepeda motor listrik berbahan serat karbon ini. Dari prototype, NOVUS kini telah siap memasarkannya dengan pembaruan desainnya yang lebih kokoh.

Rangka, fork, dan lengan ayun pada sepeda motor listrik NOVUS seluruhnya dibuat dari serat karbon. Bahkan, kedua ban berukuran 18 inci juga menggunakan velg serat karbon.

Baca Juga: Toyota Sienta tahun muda sudah murah, kini harga mobil bekasnya mulai Rp 150 jutaan

Seluruh rangka bodi beratnya hanya 7kg, cukup ringan untuk sebuah sepeda motor. Konstruksi yang sangat ringan itu berkat tujuan perancang untuk menggabungkan desain sepeda dan sepeda motor.

Sepeda Motor Listrik NOVUS

“Pendekatan desain kami adalah menggabungkan keunggulan dunia sepeda dengan keunggulan dunia sepeda motor. Ringan dan kelincahan dikombinasikan dengan performa dan kedaulatan sebuah sepeda motor. Kami melihat celah antara dua kendaraan tersebut ingin kami tutup dengan NOVUS. ” salah satu perwakilan NOVUS dikutip dari Electrek.

Performa Sepeda Motor Listrik NOVUS

Sistem penggerak sepeda motor listrik NOVUS adalah motor hub belakang dengan output puncak 18 kW atau setara dengan 24 horsepower. Peningkatan daya itu hampir 30% dibandingkan dengan prototype NOVUS.

Pihak pabrikan mengklaim motor tersebut dapat mendorong ke kecepatan tertinggi 120 km/jam dan motor tersebut dapat mencapai 0-50 km/jam dalam waktu 3 detik.

Sepeda motor listrik NOVUS memiliki pilihan untuk pengereman regeneratif aktif dan pasif. Pertama mengaktifkan pengereman regeneratif saat tuas rem kiri ditarik untuk roda belakang. Sedangkan yang terakhir mengaktifkannya saat throttle dilepaskan, mirip dengan sistem kemudi satu pedal.

Baca Juga: Resmi diluncurkan, mobil Hyundai ini bisa dirakit sendiri di rumah!

NOVUS membekali baterai 4,3 kWh yang dipasang secara permanen di bagian bawah rangka tengah. Baterai tersebut juga bermanfaat untuk menjaga gravitasi sepeda. Dengan berat 19 kg, baterai hanya seperempat dari berat total sepeda motor listrik yakni 75 kg.

Pengisian daya sepeda motor listrik dari 0 hingga 80% diklaim hanya membutuhkan waktu 30 menit, dan NOVUS ini memiliki jangkauan maksimum 100 km. Uniknya, Suspensi depan sangat ramping dan suspensi belakang sepenuhnya terbungkus dalam rangka.

Layar LED juga tersedia dan berfungsi sebagai tampilan utama sepeda. Tetapi smartphone juga dapat ditempatkan di atas layar, sehingga pengendara dapat melihat informasi kendaraan di smartphone mereka melalui aplikasi NOVUS.

Aplikasi ini juga digunakan untuk mengubah pengaturan pada sepeda dan mengaktifkan berbagai fitur. Tidak ada kunci fisik, dan sebagai gantinya, sepeda motor listrik ini dibuka kuncinya melalui aplikasi atau chip NFC.

NOVUS akan mulai memasarkan sepeda motor listrik mereka mulai tahun 2022.

Selanjutnya: Intip kemewahan Ford Excursion, mobil bekas Raja Abdullah Yordania yang dijual murah

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru