CLOSE [X]

Borobudur Marathon 2024 Digelar 1 Desember, Bidik 10.000 Pelari

Senin, 27 Mei 2024 | 20:26 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Borobudur Marathon 2024 Digelar 1 Desember, Bidik 10.000 Pelari

ILUSTRASI. Borobudur Marathon 2024 akan digelar pada 1 Desember 2024


EVENT LARI - Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 resmi diluncurkan di Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang pada Senin (27/5).

Acara peluncuran yang dihadiri oleh 200 peserta termasuk komunitas lari & rekan media ini menandai dimulainya rangkaian menuju perhelatan akbar Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 yang akan diadakan pada tanggal 1 Desember 2024 di Magelang, Jawa Tengah.

"Run On, Mark It!" adalah tema yang diangkat pada Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. Tema ini mengajak para pelari dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk menembus batas, menunjukkan determinasi, melengkapi perjalanan lari mereka, dan meninggalkan jejak serta legacy di Borobudur Marathon.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2023 Sukses Digelar, Berikut Daftar Pelari Tercepat

Hadir dalam acara peluncuran ini antara lain Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Plt. Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo.

Turut hadir pula Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo perwakilan pelari elite dan young talent dan hadir secara daring Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan bahwa semangat "Run On, Mark It!" bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang semangat pantang menyerah, semangat untuk terus maju, dan semangat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik.

“Saya yakin semangat ini akan diwujudkan oleh para pelari Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan membawa dampak positif bagi Jawa Tengah," ujar Nana dalam keterangannya.

Baca Juga: Ajang Marathon Buka Peluang Asuransi Jiwa untuk Unjuk Gigi

Plt. Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro mengatakan, Bank Jateng selalu berkomitmen untuk mendukung UMKM dan perekonomian Magelang melalui Bank Jateng Borobudur Marathon 2024.

“Di tahun 2024 ini, kami akan memperluas UMKM yang dilibatkan dan mengadakan program akselerasi bagi para pelaku sektor usaha lainnya. Kami yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat Magelang," tutur Irianto.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An menyebutkan, antusiasme Masyarakat Magelang terhadap Borobudur Marathon selalu luar biasa.

“Setiap tahun, kami selalu disambut dengan keramahan dan semangat yang tinggi dari masyarakat Magelang. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang lebih meriah dan berkesan bagi para peserta dan masyarakat Magelang," ujar Liem.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo menjelaskan, Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang spesial karena sudah 8 tahun berjalan dan sedang dalam perjalanan menuju satu dekade.

Baca Juga: Sambut Semangat Borobudur Marathon 2023 lewat Bank Jateng Friendship Run

“Banyak hal menarik yang telah dipersiapkan, seperti kegiatan The Tour, The Big Tour, program Bank Jateng Pawone untuk UMKM, program 'Bank Jateng Young Talent 10K' untuk atlet muda, dan hadirnya World Athletic Label di tahun ini menandakan kualitas penyelenggaraan yang lebih baik. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang sukses dan membanggakan Indonesia," papar Adi.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung yang turut hadir secara daring menyatakan, pihaknya sangat bangga dengan Borobudur Marathon yang telah mendapatkan World Athletic Label.

“Hal ini menunjukkan bahwa Borobudur Marathon adalah salah satu gelaran maraton yang diakui dunia. Kami yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang kompetitif dan menarik bagi para pelari elite dan internasional," ujar Tigor.

Perwakilan pelari juga menyampaikan antusiasmenya menyambut gelaran akbar ini. Elite Runners & Podium 1 Elite Race Borobudur Marathon 2022 Nurshodiq menyatakan, "Berlari di Borobudur Marathon 2022 adalah pengalaman yang luar biasa. Rutenya indah, suasananya meriah, dan dukungan dari masyarakat Magelang sangat luar biasa. Saya sudah tidak sabar untuk kembali berlari di Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan menorehkan prestasi yang lebih baik."

Baca Juga: Kembali Dukung Borobudur Marathon, Generali Indonesia Proteksi Asuransi 10.000 Pelari

Demikian pula Nur Aslamiyah Irja Pasa yang menjadi Podium 1 Bank Jateng Young Talent 2022 & Podium 5 Bank Jateng Young Talent 2023.

"Program Bank Jateng Young Talent 10K sangat membantu saya untuk mengembangkan bakat lari saya. Saya mendapatkan pelatihan yang berkualitas dan kesempatan untuk berlari di Borobudur Marathon. Saya berharap program ini terus berjalan dan membantu lebih banyak atlet muda untuk mencapai mimpi mereka," ungkapnya.

Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 menargetkan 10.000 peserta yang akan berlari di 4 kategori, yaitu Marathon, Half Marathon, dan 10K.

Pada acara peluncuran ini juga dihadiri beberapa sponsor yang akan terlibat di Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 yaitu Le Minerale sebagai official water partner, Generali Indonesia sebagai official insurance partner dan juga Isoplus sebagai official isotonic partner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru