Sambut Semangat Borobudur Marathon 2023 lewat Bank Jateng Friendship Run

Minggu, 21 Mei 2023 | 13:02 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Sambut Semangat Borobudur Marathon 2023 lewat Bank Jateng Friendship Run

ILUSTRASI. Bank Jateng Friendship Run Jakarta mengawali rangkain pre-event?Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (21/5/2023).


EVENT LARI - Semangat menyambut Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng akan mengalir ke 10 kota besar di Indonesia. Bergulir dari Jakarta melalui agenda bertajuk Bank Jateng Friendship Run pada Minggu (21/5).

Bank Jateng Friendship Run Jakarta mengambil titik start dan finish di Taman Lapangan Banteng. 

Tahun ini, Voice of Unity digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi, dan membangun persatuan melalui kegiatan lari.

Sembari, memompa aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

Bank Jateng Friendship Run Jakarta menawarkan rute sepanjang 5 kilometer. Melalui Jalan Taman Pejambon, Jalan Merdeka Timur, Jalan Merdeka Selatan, Stasiun Gambir, Jalan Perwira, dan kembali ke Taman Lapangan Banteng.

Sedikitnya 1.000 peserta mengikuti Bank Jateng Friendship Run Jakarta plus pelibatan belasan komunitas dari sejumlah kota. 

Baca Juga: Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng Kembali Menyapa

Hanya dengan berkontribusi Rp 100.000, peserta Bank Jateng Friendship Run Jakarta mendapatkan jersey, totebag, BIB, handuk, dan kupon Pawone. 

Serupa dengan penyelenggaraan sebelumnya, selain berlari, rangkaian Bank Jateng Friendship Run Jakarta juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. 

Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Pada acara pembukaan, contohnya, ada tari topeng Betawi dan marching band SMA 24 Jakarta. 

Sementara di area panggung utama, peserta bisa mencoba pengalaman dalam instalasi interaktif oleh Utami, dengan menempelkan stiker pada papan sesuai nomor yang sudah tertera. Setelah semua stiker ditempel, sebuah gambar akan terbentuk. 

Instalasi interaktif ini bakal ada di setiap kota dengan gambar yang berbeda. Nantinya, saat race day akan digabungkan dan menjadi satu kesatuan gambar dari 10 kota.

Baca Juga: Mengembalikan Semangat Kejayaan Melalui LPS Monas Half Marathon

Terus menginspirasi

Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. 

"Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Oleh karena itu, Voice of Unity menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon," ujar Ganjar.

Dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. 

"Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi," ungkap Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

"Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal," imbuhnya.

Baca Juga: Mau Ikut Event Lari? Ini Persiapan Penting yang Perlu Anda Lakukan

Selain Jakarta, Bank Jateng Friendship Run juga akan menyapa Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. 

Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan pelaksanaan Bank Jateng Friendship Run.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori.

Yakni, marathon, half marathon, dan 10K untuk umum nasional dan internasional. 

Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bank Jateng Friendship Run Jakarta juga dihadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama, dan CEO KG Media Andi Budiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru