Bos Persib Bandung Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Ini Alasannya

Minggu, 15 Januari 2023 | 23:18 WIB Sumber: Kompas.com
Bos Persib Bandung Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Ini Alasannya

ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir berfoto bersama pendukungnya usai menyerahkan berkas pendaftaran calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri BUMN Erick Thohir, resmi mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum (Ketum) PSSI 2023-2027. Erick Thohir mendaftarkan diri pada Minggu (15/1/2023) ke Kantor PSSI, di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Senayan, Jakarta.  

Sejumlah petinggi klub turut mengantarnya, antara lain terlihat bos Persib Bandung Glenn T Sugita dan Direktur klub Teddy Tjahjono.  

Teddy memastikan Persib akan mendukung penuh Erick Thohir menjadi Ketum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan di Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.  

Beberapa alasan Persib mendukung Menteri BUMN itu, tidak lepas dari perannya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dalam periode waktu 2011-2019 .  

Selama delapan tahun itu, Erick Thohir dianggap telah mengetahui seluk beluk sepak bola Indonesia.  Di luar itu, Erick Thohir juga pernah menjadi pemilik dari klub Serie A Inter Milan dan klub Amerika Serikat, DC United.  

Baca Juga: Bursa Ketum PSSI, Raffi Ahmad Sebut Erick Thohir Punya Nyali Benahi Sepak Bola RI

“Ya, karena Pak Erick bukan sosok asing karena dari 2011 sampai 2019, sudah delapan tahun, beliau menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama (Persib) dengan kontribusi signifikan di Persib,” ungkap Teddy.  

“Banyak contohnya, beliau menginisiasi mendatangkan DC United pada 2013, main sama Persib di Si Jalak Harupat,” lanjut Teddy.  

Erick Thohir turut membuka kesempatan pelatih legendaris Persib Bandung Djadjang Nurdjaman untuk terlibat menjadi staf pelatih di Inter Milan U16 dan U18.  Hal itu sebagai hadiah untuk Djanur yang telah membawa Persib juara pada Indonesia Super League (ISL) 2014.

Terlahirnya Akademi Persib juga tidak lepas dari sosok Erick Thohir yang membukakan jalan kerja sama Akademi Inter Milan-Persib Bandung.  

Dari Akademi Persib terlahir pemain-pemain andal yang kini berada di skuad Persib arahan Luis Milla seperti Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah. Ketiganya juga jadi bagian skuad Timnas Indonesia yang berpotensi tampil di Piala Dunia U20 2023.  

“Pada 2016 dia juga mengirim dan membantu proses studi Pak Djadjang di Inter Milan U16 dan U18,” terang Teddy.  

“Pada 2018 juga menginisiasi kerja sama dengan Inter Milan dan Persib Academy, yang mana waktu itu Javier Zanetti juga hadir ke Bandung,” paparnya.  

Baca Juga: Erick Thohir Mencalonkan Ketua PSSI, Raffi Ahmad hingga Kaesang Beri Dukungan

“Jadi, ini kontribusi sangat positif dan masih ada kontribusi lain meski kami tidak bisa menyebutkan satu per satu.”

Pembahasan lain adalah terkait mandat Erick Thohir yang juga tengah menjabat Menteri BUMN. Hal ini berpotensi membuat indikasi terbaginya konsentrasi karena tumpang tindih jabatan semakin besar.  

“Mungkin Pak Erick sudah tahu dan pasti sudah memiliki staf-staf yang siap membantu tugas-tugasnya untuk pelaksanaan sehari-hari, kalau misalkan terpilih di PSSI,” nilai Teddy.  

Selain Erick, La Nyalla Mattalitti juga sudah mencalonkan diri menjadi kandidat Ketum PSSI 2023-2027.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan-alasan Persib Dukung Penuh Erick Thohir Jadi Ketum PSSI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru