Edukasi

British English dan American English serupa tapi tak sama, ini bedanya

Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
British English dan American English serupa tapi tak sama, ini bedanya

ILUSTRASI. British English dan American English serupa tapi tak sama, ini bedanya.


KONTAN.CO.ID -  Ada dua jenis bahasa Inggris yang diketahui oleh masyarakat: British English dan American English. Meskipun sama-sama bahasa Inggris, keduanya memiliki perbedaan. 

Bahasa Inggris berasal dari negara Inggris. Dikutip dari British Council, pada abad ke-16 hingga ke-17, bangsa Inggris mengajarkan bahasanya pada penduduk Amerika. 

Dalam perkembangannya, terjadi beberapa perubahan yang membuat Inggris Amerika dan British berbeda. Adalah Noah Webster, ahli penyusun kamus, yang mengubah ejaan British menjadi seperti sekarang. 

Coba bandingkan saat Anda menonton film Harry Potter dengan superhero Marvel. Meskipun pemain sama-sama menggunakan bahasa Inggris, kedua film terdengar berbeda. 

Baca Juga: Singular dan plural nouns: Penggunaan dan contohnya

Aksen menjadi salah satu pembeda Inggris British dengan Amerika yang sangat jelas. Kebanyakan orang merasa kesulitan jika mendengarkan British English karena aksennya yang kental. 

Jika Anda perhatikan kebanyakan pelafalan Amerika mengucapkan "r" cukup jelas. Sedangkan British huruf "r" sering tidak dilafalkan. Inilah yang menunjukkan perbedaan aksen dari British dan American English. 

Lalu lebih mudah British atau American? Semuanya kembali ke kebiasaan saat belajar. Ada baiknya Anda mempelajari keduanya. 

Terlebih, sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok di kedua bahasa. Hanya ada beberapa perbedaan di aksen dan ejaan kata. 

Baca Juga: Simple future tense: Pengertian, rumus, dan contoh kalimatnya

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru