Cari Makanan Diet untuk Buka Puasa? Simak 4 Menu Ini

Rabu, 06 April 2022 | 13:51 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cari Makanan Diet untuk Buka Puasa? Simak 4 Menu Ini

ILUSTRASI. Kurma merupakan salah satu makanan diet.


KONTAN.CO.ID - Puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjalan diet menurunkan berat badan, selain ibadah wajib bagi umat Islam. Salah satu cara yang bisa Anda lalukan adalah mengonsumsi makanan diet sehat saat berbuka puasa. 

Pasalnya, walaupun saat puasa waktu makan menjadi terbatasi, jika Anda sedang menjalankan program diet, maka menjaga asupan makanan dan kalori tetap harus dikontrol dengan baik. 

Sebab, umumnya saat berbuka puasa, diet menjadi terlupakan karena sudah menahan rasa lapar seharian. Sehingga, mengonsumsi makanan secara berlebihan. 

Untuk itu, ada beberapa makanan yang dapat membuat perut kenyang dan diet masih bisa berjalan lancar. Berikut rekomendasi beberapa makanan diet yang cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa yang dilansir dari Okadoc:

Baca Juga: Ketahui, 6 Cara Agar Tidak Cepat Haus Saat Puasa, Dijamin Kuat Seharian!

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang cocok untuk dijadikan makanan diet saat buka puasa. Selain itu, kurma juga menjadi makanan tradisional untuk buka puasa di semua rumah Arab selama Ramadan.

Tak hanya itu, kurma adalah sumber gula alami yang bagus untuk mengisi kembali tingkat energi Anda dan mengandung banyak mineral, seperti potasium, mangan, dan tembaga. Jangan lupa untuk menyebutkan kurma sebagai sumber serat yang bagus saat diet.

2. Sayuran

Makanana Sehat bayam

Sama seperti makan buah saat sahur, sayuran adalah bagian penting dari semua makanan diet saat berbuka puasa. Sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang mungkin tidak dimiliki makanan lain.

Sayuran juga merupakan sumber protein dan karbohidrat yang baik dan melengkapi makanan diet untuk buka puasa Anda dengan banyak mineral, serat, gula alami, dan vitamin.

Baca Juga: Kuat Seharian Puasa, Kenali 8 Buah yang Cocok Untuk Sahur

3. Daging

Rasanya daging tidak boleh terlewatkan bagi sebagian orang untuk menu buka puasa. Khususnya, daging putih yang sangat cocok dijadikan makanan diet saat buka puasa.

Daging menjadi salah satu penyumbang protein tertinggi saat diet dan tentunya membuat tubuh lebih sehat saat menjalankan ibada puasa. Selain menjadi makanan diet, daging juga membuat perut terasa lebih kenyang.

4. Roti

Roti sourdough

Selain daging, Anda akan membutuhkan sumber karbohidrat. Meskipun daging mengandung protein yang dapat membantu Anda merasa kenyang, karbohidrat akan memastikan makan makanan diet lengkap dengan semua nutrisi yang akan mengisi kembali tubuh setelah berpuasa.

Roti adalah sumber karbohidrat yang sangat populer di Timur Tengah dan tidak boleh dilewatkan selama bulan Ramadan. Roti juga memberikan Anda serat dan mineral serta gula yang akan meningkatkan tingkat energi dan suasana hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru