Cukup bersenandung atau bersiul, cari lagu di Google makin gampang

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:03 WIB Sumber: 9To5Google
Cukup bersenandung atau bersiul, cari lagu di Google makin gampang


GOOGLE - Sebagian dari Anda mungkin terkadang bingung ketika ada lagu yang terbesit di kepala tetapi tidak tahu judul lagunya. Google punya soluisnya. Anda bisa mencari lagu hanya dengan bersenandung atau bersiul, lo.

Mencari judul lagu menjadi sesuatu yang bisa dibilang sulit, namun sebenarnya juga mudah. Tidak jarang ada lagu yang terngiang di kepala Anda, namun tidak tahu judulnya.

Apakah harus bersenandung dengan lirik untuk mencari judul lagunya di Google? Tidak, Google baru saja menemukan solusinya. Sekarang, Anda bisa mencari lagu lewat Google hanya dengan bersenandung atau bersiul.

Mengutip dari 9to5Google.com, fitur ini Google perkenalkan dalam ajang Google Search On 2020, event untuk memperkenalkan inovasi teknologi terbaru raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

Baca Juga: Microsoft hentikan dukungan Microsoft Office 2010 dan 2016 di Macbook

Caranya cukup mudah, pengguna ponsel pintar Android atau iPhone tinggal bersiul, bersenandung, atau semacamnya ketika membuka aplikasi Google. Lalu, ketuk ikon microphone dan pilih "Search Song", setelah itu tinggal bersenandung atau bersiul.

Pengguna diminta merekam senandung atau siulan selama 10-15 detik. Setelah itu, Google akan mendeteksi kemiripan senandung Anda dengan lagu yang mereka temukan. 

Google akan menampilkan deretan lagu dengan presentasi kecocokannya masing-masing. Anda juga bisa memastikan, apakah lagu yang Google tampilkan sesuai dengan apa yang dicari dengan mengetuknya.

Ketika Anda ketuk lagu tersebut, informasi terkait lagu akan muncul, mulai penyanyinya hingga seperti apa lagu tersebut ketika di dengarkan. Semakin tinggi presentasi kecocokannya, berarti lagu tersebut sesuai dengan yang Anda cari.

Baca Juga: Menurut survei, berikut ini alasan pengguna Android rela beralih ke iOS

ILUSTRASI: Google Search Song

Menurut Google, fitur ini pertama kali mereka umumkan sejak 2017 lalu untuk ponsel besutannya Pixel 2. Dikembangkan oleh tim Riset AI (Artificial Intelligence) menggunakan metode pembelajaran mesin yang meniru cara kerja otak manusia disebut deep learning networks.

Fitur ini sudah bisa Anda coba sekarang juga, lo, di HP Android maupun iOS. Untuk pengguna Android, mendapatkan dukungan hingga 20 bahasa. Sementara di iOS, hanya mendukung bahasa Inggris saja.

Selamat mencoba! Silahkan tuangkan senandung yang selalu terbesit di kepala Anda lewat Google untuk mencari lagu favorit.

Selanjutnya: Hasil akhir grand final MPL ID Season 6, RRQ Hoshi kembali menjadi juara!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru