HOME

Curug Malela, air terjun yang lagi hits di Kabupaten Bandung Barat

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:55 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Curug Malela, air terjun yang lagi hits di Kabupaten Bandung Barat

ILUSTRASI. Curug Malela merupakan air terjun yang lagi hits di Kabupaten Bandung Barat. Dok: Instagram Curug Malela


KONTAN.CO.ID - Curug Malela merupakan air terjun yang lagi hits di Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Malela mendadak menjadi perbincangan di media sosial ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah video tentang air terjun ini di akun Instagram pribadinya.

Bahkan, Ridwan menyebutkan, Curug Malela merupakan salah satu program unggulan destinasi wisata di Jawa Barat. Sehingga, dia merekomendasikan Curug Malela kepada para wisatawan.

Curug Malela sering disebut mirip dengan Air Terjun Niagara. Curug dengan ketinggian 60 meter dan lebar 70 meter ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng.

Baca Juga: Lembang Park & Zoo, kebun binatang dengan konsep kekinian di Kota Bandung

Curug Malela

Dari hulu sungai tersebut, air mengalir lewat Sungai Cidadap hingga Gunung Halu. Ada tujuh jajaran air terjun dan Curug Malela inilah yang menjadi yang teratas dari jajaran tersebut. Setelah Curug Malela, ada Curug Katumiri, Manglid, Ngeubul, Sumpel, Palisir, dan Pamengpeuk.

Curug Malela sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, seperti toilet umum, area parkir, dan warung makan. Sehingga, wisatawan bisa lebih nyaman lagi ketika mengunjungi air terjun ini. Lalu, ada juga gardu pandang yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berfoto.

Curug Malela buka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Selama masa pandemi, Curug Malela menerapkan protokol kesehatan new normal, seperti pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selanjutnya: Kabar baik! Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk kembali dibuka untuk umum

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru