Daftar negara di Asia yang merajai pasar game HP, mana saja ya?

Senin, 05 Oktober 2020 | 10:32 WIB   Penulis: Arif Budianto
Daftar negara di Asia yang merajai pasar game HP, mana saja ya?

ILUSTRASI. Daftar negara di Asia yang merajai pasar game HP, mana saja ya?

KONTAN.CO.ID - Kerap kali di pandang sebelah mata, ternyata video game menjadi salah satu sumber pendapatan tinggi bagi beberapa negara di wilayah Asia. Berikut beberapa negara di wilayah Asia dengan pendapatan tinggi bersumber dari game HP. 

Industri video game berkembang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Lebih spesifik, game HP merupakan pasar yang saat ini menjadi incaran para developer maupun publisher game. 

Alasan kenapa banyak developer dan publisher berlomba-lomba mencoba peruntungannya di industri game HP cukup sederhana. 

Dewasa ini, siapa si yang tidak menggunakan ponsel pintar? Terlepas dari kebutuhan dan fungsinya sebagai alat komunikasi, ponsel pintar juga bisa digunakan untuk bermain game .

Beragam judul game HP terpampang di toko aplikasi Playstore maupun Appstore. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang bisa dimainkan secara gratis.

Meskipun gratis, beebrapa publisher masih bisa mengeruk keuntungan dari pemainnya lewat konten berbayar di dalamnya. Bahkan konten-konten di dalam game terkadang membuat para pemainnya begitu bergairah untuk terus mengeluarkan uang.

Ya, mereka bisa terus-terusan mengeluarkan uang demi mendapatkan konten yang mungkin ekslusif atau langka di dalam sebuah game. 

Nah, kali ini ada beberapa fakta menarik terkait game HP yang ternyata menjadi sumber pendapatan tinggi bagi beberapa negara di Asia. 

Google membuat sebuah laporan menarik terkait perkembangan pasar game HP selama 6 bulan terakhir di tahun 2020. Melihat daftar game terlaris di beberapa negara di Asia, ternyata masing-masing memiliki preferensi yang unik. 

Keunikan tersebut ternyata membawa beberapa negara di Asia ini merajai pasar game HP.

ILUSTRASI: Game PUBG Mobile

Berikut daftar negara di Asia yang merajai pasar game HP:

Negara di Asia Tenggara

Di posisi terbawah ada beberapa negara di Asia Tenggara. Gamers di wilayah Asia Tenggara cenderung menyukai game-game yang seru ketika dimainkan bersama teman. 

Dalam sebuah data yang di himpun oleh Sensor Tower, menunjukan bahwa gamers di Asia Tenggara lebih menyukai genre RPG. Namun demikian, game esports yang menawarkan kompetitif juga begitu populer.

Menurut pihak Google, setidaknya ada 5 judul game esports yang masuk dalam deretan game paling laris di Asia Tenggara.

Berikut daftar 10 game paling laris di wilayah Asia Tenggara:

  1. Garena Free Fire: Rampage
  2. Mobile Legends: Bang Bang
  3. Rise of Kingdoms: Lost Crussade
  4. Lineage M
  5. Honor of Kings/ Arena of Valor
  6. PUBG Mobile
  7. Call Me Emperor
  8. MU
  9. One Punch Man: The Strongest
  10. AFK Arena

Daftar di atas bersumber dari laporan Google yang di himpun sejak Januari-Juni 2020.

Editor: Arif Budianto
Terbaru