Dari bahan alami, begini cara membuat perangkap untuk mengusir kecoa

Kamis, 05 Agustus 2021 | 22:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Dari bahan alami, begini cara membuat perangkap untuk mengusir kecoa


TIPS & TRIK - Anda bisa membuat perangkap untuk mengusir kecoa dengan mudah, menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Kecoa merupakan salah satu serangga yang senang hinggap dan hidup di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah.

Karenanya, tubuh kecoa membawa banyak bakteri jahat. Bakteri tersebut bisa mendatangkan berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan keluarga Anda. 

Berbagai produk pembersih seperti semprotan pengusir kecoa menjadi barang yang diandalkan untuk mengusir serangga ini. 

Jika kebetulan pembasmi kecoa di rumah habis, Anda bisa menggunakan berbagai cara membasminya. Merangkum dari Lifehackberikut cara-cara alami yang bisa mengusir kecoa dari rumah:

  • Botol soda

Anda bisa membuat sebuah perangkap kecoa hanya dengan menggunakan sebotol soda bekas. Siapkan botol bekas soda lalu potong pada bagian atasnya.

Isi bagian bawah botol dengan larutan yang manis seperti campuran kopi dan gula. Lalu, taruh bagian atas botol yang sudah dipotong sebelumnya dengan posisi bagian ujung yang kecil menghadap ke arah cairan. 

Posisi bagian botol yang membentuk terowongan akan membuat kecoa sulit keluar jika sudah masuk ke dalamnya. 

Baca Juga: Asik! Ada bantuan UKT dari Kemendikbud Ristek, ini syarat dan cara daftarnya

  • Campuran boraks dan gula

Selain menggunakan botol soda, Anda juga bisa membuat sebuah perangkap kecoa menggunakan boraks dan gula. 

Campuran ini cukup mudah dan murah dibuat namun Anda harus hati-hati meletakkan campuran ini agar tidak termakan oleh hewan peliharaan.

  • Daun salam

Selain menggunakan perangkap, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengusir kecoa dari rumah. Anda mungkin tidak menyangka jika bay leaves atau daun salam bisa digunakan selain sebagai bumbu masakan.

Daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Caranya, cukup remas atau hancurkan daun salam yang sudah kering lalau sebarkan di sekitar lokasi munculnya kecoa. 

  • Timun

Cara mengusir kecoa dari rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan timun. Seperti tips dari Lifehack, Anda cukup menyediakan kaleng aluminium, timun, dan vaseline. 

Potong-potong timun segar lalu taruh ke dalam kaleng yang sudah terlebih dahulu dilumuri vaseline di bagian dalamnya. Taruh kaleng tersebut di tempat biasa kecoa muncul seperti kamar mandir atau kamar tidur, kemudian tunggu beberapa jam. 

Baca Juga: Bantuan kuota data internet Kemendikbud Ristek 2021 diperpanjang, cek infonya ini

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru