Dari fenomena downgrade, kenali komparasi Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova

Selasa, 14 Juli 2020 | 14:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Dari fenomena downgrade, kenali komparasi Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova

ILUSTRASI. Dari fenomena downgrade, yuk pahami komparasi Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova


PERSAINGAN MOBIL - JAKARTA. Pertarungan mobil seri Multi Purpose Vehicle (MPV) terjadi antar pabrikan mobil. Salah satunya adalah rivalitas Wuling Cortez dengan Kijang Innova. 

Sebelumnya terdapat reportase mengenai tren mobil bekas yang terjadi di saat new normal. Tren tersebut berupa downgrade para pemiliki Toyota Kijang Innova untuk mengganti mobilnya ke Wuling Cortez. Dikatakan downgrade karena dari segi harga yang terpaut jauh. Namun memiliki kemampuan yang terbilang sama.

Baca Juga: Innova tukar Wuling, fenomena downgrade mobil bekas di tengah pandemi

Para konsumen mobil bekas tentunya mampu menilai dari luar baik persamaan dan perbedaan antara kedua mobil ini. Karena saat Wuling menjajal pasar Indonesia dengan seri Cortez, Toyota Kijang Innova ikut terseret sebagai pesaing di kelas MPV yang serupa.

Komparasi bisa dilakukan melalui seri teratas dari Cortez dan Innova yakni Cortez 1.8 L Lux+ dengan seri Kijang Innova G. Komparasi pertama dapat dilakukan melalui harga yang dibanderol masing-masing pabrikan China dan Jepang ini. Pada awal meluncur banderol yang disematkan kedua mobil memiliki perbedaan yang terpaut jauh. Banderol Rp. 240 Juta untuk Cortez dan Innova dengan keluaran 2017 banderol mencapai Rp. 400 Jutaan.

1. Dari segi Dimensi

Dari sisi dimensi, dapat dilihat Innova memiliki dimensi yang berbeda dari sisi ketinggiannya yakni menggunakan platform ladder frame. Di sisi yang lain, Wuling Cortez memiliki panjang yakni 4.780 mm sedangkan Kijang Innova lebih pendek dengan 4.735 mm, tentunya Cortez lebih panjang sedikit. Dari sumbu roda kedua mobil ini memiliki jarak sumbu yang sama antar roda yakni 2.750mm.

2. Dari segi Eksterior

Dari segi desain eksterior, Cortez lebih sederhana seperti selayaknya model MPV China yang mencoba mengadaptasi desain yang ada dari pabrikan luar. Berbeda dengan Kijang Innova yang memiliki sentuhan dari generasi sebelumnya dengan memperbarui gril dan model lampu depan.

3. Dari segi Interior

Sisi interior kedua mobil memiliki kesamaan pada desain dan perangkat yang disematkan pada dashborad, fiturnya yakni teknologi layar sentuh yang menghimpun alat navigasi hingga hiburan. Cortez memiliki fitur electric sunroof yang tidak terdapat pada Kijang Innova.

Dari sisi fitur Innova memiliki sedikit keunggulan yakni fitur antara lain smart entry key sehingga tak memerlukan kunci dalam menyalakan mesin. Pada fitur hiburan Innova memiliki air gesture, koneksi HDMI dan Web browser. 

4. Dari segi fitur keselamatan

Pada fitur keselamatan membuat Wuling Cortez menang telak dari Innova. Cortez memiliki fitur keselamatan 4 airbag sedangkan Innova memiliki 3 airbag. Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Automatic Vehicle Holding (AVH) dan Hill Hold Control (HHC). Sehingga rem parkir dilengkapi dengan sistem elektrik, jadi pengemudi tidak memerlukan penarikan tuas hidrolik dengan tenaga.

5. Dari segi mesin dan transmisi

Dari sisi mesin Innova memiliki 1TR-FE, fitur terlama yang disematkan pada mesin Innova sejak awal dirilis. Wuling Cortex memiliki mesin dengan kapasitas 1.800cc sedangkan Innova memiliki mesin dengan kapasitas 2.000cc. 

Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh Innova lebih besar sedikit yakni 137 horsepower (hp) sedangkan Wuling Cortez mampu melaju hingga 129 hp. Pada sisi torsi yang dikeluarkan Innova juga lebih unggul karena mampu mencapai torsi 183 Nm dan Wuling dibawahnya sedikit yakni 174 Nm.

Transmisi pada Wuling Cortez memiliki keunikan yakni Cortez disematkan transmisi AMT, sebuah transimi semi otomatis dengan transmisi manual tanpa pedal kopling. Jika anda biasa menggunakan manual dengan pedal kopling akan terlihat awam.

Baca Juga: Harga mobil bekas Wuling Confero mulai Rp 100 Jutaan 

Jika dapat disimpulkan Cortez memiliki keunggulan di sisi fitur keamanan dan harga yang lebih ramah kantong. Namun Innova juga unggul dengan nama Toyota yang sudah tenar dan juga performa mesin Innova sudah dipercaya sejak lama juga sedikit lebih unggul. 

Jika anda berminat untuk mengganti mobil anda dengan Wuling Cortez maupun Kijang Innova, bahkan melakukan downgrade maka anda dapat mempertimbangkan beberapa fitur kedua mobil MPV diatas.

Dihimpun dari situs Gridoto.com, per 14 Juli 2020, harga untuk Wuling Cortez Lux+ berkisar antara Rp. 240 Jutaan sedangkan Toyota Kijang Innova dibanderol mulai Rp. 300 Jutaan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru