Dear Jokowi, cara Komika mengkritik pemerintahan

Senin, 02 Februari 2015 | 15:02 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Dear Jokowi, cara Komika mengkritik pemerintahan

ILUSTRASI. Manfaat makan sayur untuk kesehatan tubuh.


BANDUNG. Beragam cara orang mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Begitu juga para Komika (pelawak berdiri) yang juga punya cara sendiri menyampaikan aspirasinya.

Dalam rangka memperingati 100 Hari Kepemimpinan Jokowi sebagai Kepala Negara RI, maka para Komika yang tergabung dalam KomtungTv (Komedi Untung TV) menggelar acara yang diberi nama Dear Jokowi.

Acara yang dibuat berdasarkan realita politik, ekonomi dan segala intrik yang akhirnya menimbulkan kekegelisahan dalam masyarakat terutama para Komika.

Ajang penyampaian aspirasi para Komika untuk Sang Presiden dari kritik, saran, sampai usulan solusi terhadap fenomena masalah yang sedang terjadi, tentunya dikemas dengan gaya ala standup comedy. “Ini adalah kritikan terhadap Jokowi secara komedi,” kata Founder KomtungTV Daned Gustma, Minggu (1/2),

Melalui kemasan semacam ini, Daned berharap kritikan sosial politik bisa lebih dicerna dan diterima semua kalangan. Terutama kalangan anak generasi muda.

Acara yang digelar di Saung Angklung Mang Udjo ini terbilang sukses. Pasalnya mampu menyedot perhatian 450 sampai 500 pengunjung.

Dear Jokowi ini diisi oleh para Komika kawakan diantaranya Sammy Notaslimboy, Muhadkly Acho, Rindra, Gilang Bhaskara, dan Kamga MO.

Sammy menuturkan cara kritik sosial dan politik melalui kemasan standup comedy bukan hal yang mainstream. Meski demikian, standup comedy tak kalah ampuhnya untuk menyuarakan kritikan terhadap pemerintah. “Ini wadah saya menyampaikan idealisme,” ujarnya.

Presiden boneka, illegal fishing , dan kisruh KPK-Polri menjadi tema-tema hangat yang disuarakan para Komika ini. Dan hebatnya, tema-tema politik ini begitu renyah dan mudah dicerna dengan jenaka oleh para Komika.

Tak heran, jika Saung Mang Udjo begitu riuh dengan gelak tawa para penonton. Nah, rencananya surat terbuka Komika ini bakal disampaikan langsung ke Jokowi.

Kini, tinggal menunggu respon langsung dari Presiden Ketujuh itu. Semoga, Jokowi juga mendengar terikan hati yang lugas dari para Komika ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru