Delapan makanan paling mahal di dunia, ini daftarnya

Sabtu, 25 Juli 2020 | 06:30 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Delapan makanan paling mahal di dunia, ini daftarnya

KONTAN.CO.ID - Ternyata, tidak hanya rumah, mobil, dan perhiasan saja yang dijual dengan harga mahal, lo. Ada delapan makanan termahal di dunia.

Lantas, makanan apa saja yang memiliki harga jual selangit? Melansir BBC, berikut daftarnya:

  1. Safron

Safron merupakan jenis rempah-rempah yang harganya sangat mahal. Kenapa mahal? Karena, rempah-rempah dari bunga Crocus sativus ini hanya berbunga selama satu atau dua minggu di musim gugur.

Saking langkanya, butuh 300.000 bunga untuk mengumpulkan 1 kilogram safron.

  1. Kaviar

Kaviar merupakan telur dari ikan sturgeon. Telur ikan ini dianggap sebagai makanan paling enak di dunia.

Kaviar yang paling terkenal adalah beluga sturgeon, yang hanya ditemukan di Laut Kaspia dan Laut Hitam. Yang paling mahal kaviar dijual seharga US$ 34.500 per kg.

Baca Juga: Kaya rasa, ini dia lima kuliner Singapura yang harus pelancong coba

  1. Tiram

Di awal abad ke-19, tiram merupakan makanan murah dan dijadikan santapan bagi masyarakat pesisir pantai. Tapi, tiram menjadi langka dan harganya pun meningkat pesat.

  1. Truffle Putih

Tumbuh di Piemonte, Italia, truffle putih merupakan fungi yang tumbuh di pohon-pohon tertentu. Jamur ini juga tidak bisa dibudidayakan sehingga menjadikannya sangat bernilai.

Pada 2007, pemilik kasino di Makau, Stanley Ho rela mengeluarkan uang sekitar US$ 330.000 untuk 1,5 kg truffle putih.

  1. Ham Iberico

Ham iberico merupakan ham terbaik yang diproduksi di Spanyol dan Portugal. Menurut Guinness World Records, ham iberico yang paling mahal dijual seharga £ 3.192 pada  20 Maret 2016.

Baca Juga: Enak dan murah, ini lima makanan pinggir jalan yang harus dicoba di Penang

  1. Wagyu

Wagyu merupakan daging sapi Jepang yang sangat pekat dengan lemak. Mahalnya wagyu berasal dari proses pemeliharaan sapinya yang diberi makan sesuai dengan pedoman ketat.

Harga wagyu paling mahal dijual senilai £ 500 per kilogram.

  1. Kopi luwak

Ternyata, kopi luwak termasuk daftar makanan yang mahal, lo. Menempati urutan ke-7, kopi luwak merupakan kopi yang dimakan lalu dicerna oleh musang atau luwak.

Konon, fermentasi asam lambung hewan ini membuat kopi menjadi begitu lezat. Satu kilogram kopi luwak dibanderol sekitar US$ 700.

  1. Foie Gras

Foie gras merupakan makanan Prancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek. Foie gras termasuk makanan kuno yang ada sejak 2.000 tahun lalu.

Saat itu, orang Mesir kuno yang menemukan makanan ini sebelum sampai di Prancis. Mereka memberi makan angsa atau bebek untuk digemukkan secara paksa.

Makanan mewah ini dilarang di New York, Amerika Serikat, karena dianggap menyiksa hewan.

Baca Juga: Kaya rasa, ini dia lima kuliner Singapura yang harus pelancong coba

Editor: Novianti Siswandini
Terbaru