Dengan aplikasi Ini Anda bisa tahu nama tanaman hias dalam foto

Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:00 WIB Sumber: Play Store,Plantsnap
Dengan aplikasi Ini Anda bisa tahu nama tanaman hias dalam foto


APLIKASI - Tanaman hias bisa ditemui di mana saja. Namun, tidak jarang kita hanya mengenali bentuknya tetapi tidak mengetahui namanya. Nah, dengan aplikasi PlantSnap Anda bisa mencari tahu nama sebuah tanaman hias hanya dengan cara memotretnya.

PlantSnap

PlantSnap adalah aplikasi identifikasi tanaman hias yang dikembangkan oleh PlantSnap, Inc. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna PlayStore.

PlantSnap bekerja dengan cara mencocokkan foto tanaman yang diambil dengan database yang mereka miliki. Database tersebut berupa foto-foto tanaman, nama dan klasifikasi tanaman, cara merawat tanaman, tempat membeli, dan lainnya.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Namun, dengan pembatasan 5 kali pengambilan foto per hari, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Baca Juga: Cek daftar game online yang tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota Kemendikbud

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PlantSnap (@plantsnap)

​Cara Menggunakan PlantSnap

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi PlantSnap, Anda bisa langsung masuk ke halaman utama aplikasi. Sebelumnya Anda mungkin akan diberi pilihan langganan, tetapi langkah tersebut bisa dilewati untuk mencoba versi gratis.

Laman utama yang Anda dapati adalah laman untuk memotret tanaman. Silahkan ambil gambar tanaman yang ingin diidentifikasi dengan cara menekan tombol potret di bagian tengah. Fokuskan ke bagian tanaman terutama daun.

Setelah aplikasi mengambil gambar, maka selanjutnya akan ada hasil identifikasi berupa foto dan nama tanaman. Pastikan bahwa potret tanaman yang ditunjukkan aplikasi sama persis dengan yang Anda maksud. Jika kurang tepat, Anda bisa melihat beberapa kemungkinan tanaman lain yang juga ditunjukkan oleh PlantSnap.

Jika identifikasi benar, maka Anda bisa memperoleh beberapa informasi penting seperti nama, klasifikasi, cara penanaman dan perawatan, hingga keterangan tingkat kepunahan.

Baca Juga: Hati-Hati Berkomentar dan Berbagi di Internet Agar Tidak Terjebak Hoax & Hate Speech

Tidak dipungkiri bahwa aplikasi ini masih bisa melakukan kesalahan. Untuk mengoptimalkan identifikasi, Anda bisa mengambil foto tanaman dengan fokus tertentu. Misal, jika tanaman tersebut memiliki keunikan pada bagian batang, maka sebaiknya potret di bagian batang tersebut.

Selanjutnya: Tiktok dan Aplikasi Lain yang Tidak Bisa Diakses Pakai Kuota Bantuan Belajar

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amry Hidayat

Terbaru