Di marketplace sneakers ini, Nike Jordan paling laku, Adidas menguntit

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 07:55 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Di marketplace sneakers ini, Nike Jordan paling laku, Adidas menguntit


GAYA HIDUP - JAKARTA. Seiring semakin luasnya penetrasi pop-culture, sneaker-culture dan hype-culture di Indonesia peluang bisnis gaya hidup menganga lebar. Maka, tahun 2018 berdirilah Kick Avenue sebagai marketplace sneakers pertama di Indonesia.

Tiga tahun perjalanannya, Kick Avenue berhasil melakukan lebih dari 50.000 transaksi sneakers, streetwear dan handbags. Transaksi tersebut didominasi oleh pembelian sneakers dengan berbagai brand.

Di antaranya 79% Nike Jordan, 15% Adidas, 4% Vans dan 2% brand lain seperti Supreme, Bape, dan Off-White. Semua produk tersebut telah melewati proses autentikasi oleh tim Kick Avenue. Yakni memastikan keaslian produk 100%. 

Sehingga akan tercipta marketplace yang aman dan efisien bagi para sneakerhead, sebutan bagi para pecinta sneakers.  Apabila ditemukan produk yang tidak original, tim Kick Avenue akan melakukan refund secara otomatis kepada pembeli.

Kick Avenue juga menerapkan pembayaran dengan akun escrow, menjamin pembayaran hanya akan diterima penjual setelah kedua pihak mencapai harga kesepakatan.   Sehingga akan tercipta proses transaksi yang transparan dengan kisaran harga produk yang sehat.

CEO Kick Avenue, Christopher Eko mengatakan, dari 50.000 transaksi, pihaknya menemukan 500 - 600 produk sneakers tidak original. “Langsung kami kembalikan kepada penjual, dan pembayaran secara otomatis kami refund kepada pembeli,” katanya dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (30/7). 

Kehadiran Kick Avenue diharapklan menjawab keresahan para sneakerhead dalam menghadapi permasalahan aftermarket. Seperti garansi keaslian, harga yang kompetitif dan efisiensi pencarian produk. Dalam menciptakan harga yang kompetitif, Kick Avenue membuat sistem lebih unik ketimbang marketplace pada umumnya dengan mengadopsi sistem bursa.

Apa maksudnya?

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru