Ditahan imbang 2-2 GothamChess, ini kata GWM Irene Kharisma Sukandar

Kamis, 01 April 2021 | 15:10 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Ditahan imbang 2-2 GothamChess, ini kata GWM Irene Kharisma Sukandar

ILUSTRASI. Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar telah menggelar duel dengan International Master (IM) Levy Rozman alias GothamChess

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar telah menggelar duel dengan International Master (IM) Levy Rozman alias GothamChess. Dwitarung yang berlangsung secara streaming di twitch.tv pada Rabu (31/3) pukul 22.00 WIB itu berakhir dengan skor sama kuat, 2-2.

Catur yang dimainkan Irene dan Rozman memakai skema yang tidak biasa. Keduanya berduel dengan variasi catur acak atau Fischer Random, yang juga dikenal dengan istilah Chess960.

Model permainan yang dicetuskan oleh pecatur legendaris Bobby Fischer tersebut mengacak bidak "perwira" yang berderet di belakang pion. Sehingga, posisi raja, menteri, benteng, gajah dan kuda berbeda dari catur pada umumnya. Fischer random biasanya digelar dengan empat hingga enam babak.

Menurut Irene, Chess960 dapat melatih kreativitas pecatur lantaran pembukaan (opening) catur sama sekali berbeda dengan prinsip-prinsip atau teori pada catur normal. Sebab pada setiap perbandingan, susunan "perwira" akan kembali diacak sehingga posisinya pasti berbeda.

Baca Juga: Usai tekuk Dewa Kipas, malam ini WGM Irene bakal duel dengan GothamChess

Chess960 itu pun merujuk pada jumlah kombinasi dari buah catur baris akhir yang dapat diacak. Susunan catur yang umum diketahui, termasuk pada 960 variasi susunan acak tersebut.

"Ini menumbuhkan rasa kreativitas yang tinggi. Di sini tidak ada persiapan opering sama sekali karena buah-buah catur menempati petak yang berbeda di setiap game-nya. Fischer random ini gunanya melatih kreativitas supaya kiat tidak terpaku pada teori pembukaan yang ada," kata Irene saat pertandingan digelar.

Di kalangan pecatur, Irene menyebut bahwa Chess960 semakin diminati. Pola catur ini pun sempat masuk dalam pertandingan eksebisi SEA Games, yang mana Irene menjadi juaranya.

"(Chess960) salah satu variasi di catur yang sekarang ini juga cukup booming di tengah pecatur elite. Ini masuk ke dalam eksebisi waktu SEA Games dan kebetulan saya juara di situ," ungkap Irene.

Baca Juga: Dwitarung Dewa Kipas-GM Irene trending pertama Youtube, ungguli lamaran Atta-Aurel

Adapun, partai dwitarung Irene vs GothamChess diadakan dalam 4 pertandingan secara cepat, yakni 3 menit per babak. Dengan tambahan waktu singkat, hanya satu detik.

Editor: Noverius Laoli
Terbaru