Dwitarung Dewa Kipas-GM Irene trending pertama Youtube, ungguli lamaran Atta-Aurel

Selasa, 23 Maret 2021 | 16:47 WIB   Reporter: Sandy Baskoro
Dwitarung Dewa Kipas-GM Irene trending pertama Youtube, ungguli lamaran Atta-Aurel

ILUSTRASI. Suasana laga catur persahabatan antara WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur, Senin (22/3/2021) Dok. Tangkapan Layar YouTube Deddy Corbuzier)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dwitarung catur antara Grand Master Wanita (WGM) Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas alias Dadang Subur sudah berakhir, kemarin (22/3). GM Irene menyisir Dewa Kipas dengan skor 3-0 tanpa balas, dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung melalui saluran Youtube Deddy Corbuzier itu.
Pertandingan memang sudah selesai, namun efek dan getaran duel tersebut masih terasa hingga hari ini.

Baca Juga: Setelah kalahkan Dewa Kipas, GM Irene: Nilai hadiah Rp 200 juta setara emas SEA Games

Buktinya, tayangan pertandingan bertajuk Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar di saluran Youtube Deddy Corbuzier menjadi trending topic teratas di platform Youtube.
Hingga hari ini (23/3) pukul 16:05 WIB, tayangan tersebut sudah disaksikan lebih dari 8,37 juta penonton. Tayangan ini juga sudah mendapatkan 537.000 like dan 76.000 komentar.

"Finally trending-nya mendidik," tulis Deddy Corbuzier, dalam kolom komentar.

Beberapa netizen lain juga mengomentari trending topic itu. "Tercipta sejarah trending 1 yang benar-benar mendidik. Terima kasih om Deddy, Dewa Kipas, WGM Irene, GM Megaranto, WIM Chelsie dan semua pihak yang menyukseskan friendly match ini," tulis akun JIO TV Tutorial.

Tayangan Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar menduduki papan trending pertama di Youtube Indonesia, mengungguli dua tayangan terkait momen lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Terkait kemenangan melawan Dewa Kipas kemarin, GM Irene berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 200 juta, sementara Dewa Kipas berhak membawa pulang Rp 100 juta.

"Untuk pertandingan ini, saya enjoy, saya datang sebagai seorang profesional," ungkap GM Irene setelah memenangi pertandingan.

Baca Juga: Disaksikan 1 juta penonton, GM Irene Sukandar menyisir Dewa Kipas dengan skor 3:0

Dia juga mengharapkan polemik dan pro kontra seputar akun Dewa Kipas selesai sampai di sini. "Saya berharap para netizen jangan lagi ada yang menghujat pak Dadang. Kita hadir di sini menjalin persahabatan, menjalin silaturahmi," ucap Irene.

Ada serangkaian cerita hingga duel antara Dewa Kipas dan Irene terwujud. Awalnya akun Dewa Kipas viral setelah diblokir oleh platform catur online Chess.com. Ihwal pemblokiran Dewa Kipas lantaran dianggap curang saat mengalahkan akun GothamChess milik pecatur dengan gelar International Master (IM), yakni Levy Rozman asal Amerika Serikat.

Pemblokiran akun Dewa Kipas milik Dadang Subur membuat anaknya, Ali Akbar, bereaksi. Ali tak terima akun milik ayahnya diblokir sehingga memunculkan simpati para netizen Indonesia.

Banyak pihak yang kemudian menyerang GothamChess maupun Chess.com di dunia maya untuk membela Dewa Kipas.

Baca Juga: Total hadiah Rp 300 Juta, Dewa Kipas tantang GM Irene Sukandar sore ini

Hingga akhirnya GM Irene melalui akun Twitter-nya @irene_sukandar menyampaikan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier, pada Minggu (14/3). Irene menyatakan dia tidak menyangka pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa Kipas akan sebesar sekarang. Apalagi setelah Deddy Corbuzier mengundang Dadang Subur dan anaknya, Ali Akbar, ke podcast milik dia.

Untuk mengakhiri polemik, Deddy memfasiltasi pertandingan antara Dewa Kipas dan GM Irene.

Editor: Sandy Baskoro
Terbaru