Sport

Usai tekuk Dewa Kipas, malam ini WGM Irene bakal duel dengan GothamChess

Rabu, 31 Maret 2021 | 21:53 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Usai tekuk Dewa Kipas, malam ini WGM Irene bakal duel dengan GothamChess

ILUSTRASI. Suasana laga catur persahabatan antara WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur, Senin (22/3/2021) Dok. Tangkapan Layar YouTube Deddy Corbuzier)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai menarik perhatian publik saat menekuk Dadang Subur alias Dewa Kipas, Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar segera menjajal International Master (IM) Levy Rozman atau juga dikenal GothamChess.

Duel antara Irene dan Rozman bakal digelar malam ini, Rabu (31/3) pukul 22.00 WIB. Sebagaimana yang diinformasikan pada akun Instagram @irene_sukandar, dwitarung bertajuk Blitz Battle tersebut bakal digelar secara streaming di twitch.tv/irenesukandar dan twitch.tv/GothamChess.

Baca Juga: The Queen's Gambit dan Dewa Kipas mengangkat pamor catur

Duel Irene melawan GothamChess bakal melanjutkan euforia terhadap catur yang heboh belakangan ini. Seperti diketahui, GothamChess menjadi perhatian masyarakat Indonesia saat berseteru dengan Dewa Kipas pada platform catur online Chess.com.

Dituduh curang saat mengalahkan GothamChess, akun Dewa Kipas diblokir oleh Chess.com. Fenomena Dewa Kipas berhembus kencang saat pesohor kenamaan Deddy Corbuzier memberikan panggung.

WGM Irene tersedot dalam pusaran polemik tersebut setelah mengirimkan surat terbuka yang pada pokoknya ingin polemik tersebut tidak menodai percaturan profesional Indonesia. Sejurus kemudian, Deddy Corbuzier mempertemukan Irene dan Dewa Kipas dalam dwitarung yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Deddy, Senin (22/3) pukul 15.00 WIB.

Siaran langsung tersebut menyedot perharian publik dunia dengan mencatatkan penonton hingga 1,25 juta. Hingga saat ini, penonton pertandingan Irene vs Dewa Kipas sudah mencapai 12,33 juta penonton.

Baca Juga: Disaksikan 1 juta penonton, GM Irene Sukandar menyisir Dewa Kipas dengan skor 3:0

Akhirnya, Irene berhasil menekuk Dewa Kipas dengan skor 3-0. Setelah melumat Dewa Kipas, akan kah Irene kembali merengkuh kemenangan melawan GothamChess?

Sebagai informasi, Blitz Chess juga dikenal dengan catur kilat, sehingga setiap pecatur dituntut untuk berpikir cepat. Waktu kontrol yang diberikan tidak lebih dari 10 menit. Blitz Chess biasa  digelar dengan waktu maksimal lima menit untuk setiap pemain.

Secara keseluruhan, rating Irene masih lebih tinggi dari GothamChess. Irene memiliki rating 2413, sementara GothamChess memiliki rating 2343. Sedangkan untuk kategori Blitz Chess, berdasarkan situs FIDE rating GothamChess tercatat 2376, lebih tinggi ketimbang Irene yang memiliki 2313.

Editor: Sandy Baskoro
Terbaru