Film

Drama Korea Backstreet Rookie kena tegur Komite Standar Komunikasi, ini alasannya

Jumat, 10 Juli 2020 | 14:06 WIB   Reporter: Mega Oktarina Putri
Drama Korea Backstreet Rookie kena tegur Komite Standar Komunikasi, ini alasannya

ILUSTRASI. Drama Korea Backstreet Rookie SBS mendapat teguran dari Komite Standar Komunikasi Korea Selatan.

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Di tengah persaingan drama Korea, Backstreet Rookie yang tayang di SBS justru mendapatkan teguran dari Komite Standar Komunikasi Korea Selatan (KOCSC).

Pangkalnya, drama Korea yang dibintangi Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung ini menampilkan adegan-adegan kontroversial. Yakni, Backstreet Rookie mempertontonkan adegan siswa di bawah umur yang mendekati orang dewasa demi rokok lalu menciumnya.

Lalu, adegan melibatkan pekerja seks komersial, pengambilan gambar dari bawah ke atas pada seorang siswi yang menari di karaoke, dan adegan penulis webtoon yang mandi, sebuah ruangan yang menampilkan foto wanita telanjang, dan masih banyak lagi.

Alhasil, Backstreet Rookie mendapatkan 6.384 protes dari penonton. "Ini adalah program yang menerima kritikan paling banyak dari publik di tahun ini. Tanpa membatasi waktu, ini adalah salah satu jumlah terbesar untuk kritikan yang diterima," kata KOCSC, Kamis (9/7), seperti dikutip Media Today

Baca Juga: 8 Drama Korea terbaru disiapkan tayang di paruh kedua 2020, catat jadwalnya!

Meski begitu, Heo Mi Sook, Kepala KOCSC, tetap bertemu dengan tim produksi drama Korea Backstreet Rookie untuk mendengarkan pembelaan dari mereka. "Alasan banyaknya protes dari publik adalah rating Backstreet Rookie yang 19+ tetapi mereka mengubahnya menjadi 15+," kata Anggota KOCSC Park Sang Soo. 

"Mereka tidak hati-hati saat mengedit. Bahasa yang bermaksud ke arah seksual dan cabul digunakan tanpa pandang bulu. Meski ini drama, ini dapat menyebabkan bahaya etik dan emosional ke remaja," ujarnya seperti dilansir Media Today.

"Ini tidak seperti (drama) rating 15+," ujar Anggota KOCSC lainnya Kang Jin Sook. Ia menekankan pada isu penggambaran wanita di drama Korea Backstreet Rookie.

"Saat melihat webtoon, remaja perempuan dilihat secara seksual melalui cara pandang pria. Karena webtoon ini adalah karya asli, dramanya juga memiliki adegan yang bermasalah saat menggambarkan wanita," imbuh dia. 

Baca Juga: 7 Film baru di Netflix bulan Juli, tontonan seru di akhir pekan

Menurut Heo Mi Sook, drama Korea Backstreet Rookie tidak untuk ditonton bersama keluarga. "Tehnik pengarahan di webtoon masih terasa di beberapa momen dalam dramanya. Ada masalah yang mendasar di drama ini," tuturnya.

Usai menuai banyak protes, adegan-adegan tersebut telah dihapus dari layanan VOD. 

Editor: Mega Putri


Terbaru