Dream Theater tak jadi manggung di Candi Prambanan

Jumat, 29 September 2017 | 07:15 WIB Sumber: Kompas.com
Dream Theater tak jadi manggung di Candi Prambanan


KONSER MUSIK - Konser JogjaRockarta semula dijadwalkan akan digelar di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta terpaksa harus dibatalkan.

Promotor pun memindahkan venue ke Stadion Kridosono, Kota Baru, Kridosono. Hal tersebut lantaran adanya protes dari Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI).

IAAI merilis hasil penelitian Prambanan Jazz yang digelar pada 20-21 Agustus 2017 lalu yang menyebut bahwa kebisingan yang dihasilkan sudah melebihi ambang batas yang sudah ditentukan, karena di atas 60 dB.

"Kami mendesak agar instansi pemerintah dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sebagai pengelola halaman dua Candi Prambanan meninjau kembali izin penyelenggaraan kegiatan yang telah dikeluarkan," ucap Ketua Umum IAAI Djuwita Ramelan seperti dilansir dari Antara News, Kamis (28/9).

IAAI juga menyarankan agar Rajawali Indonesia Communication sebagai promotor memindahkan tempat digelarnya konser.

"Kompleks Candi Prambanan merupakan situs agama yang memiliki nilai sakral bagi umat Hindu dan di mana tempat diadakan pagelaran termasuk wilayah suci, karena masih masuk lingkup pagar candi. Secara etika seharusnya pihak penyelenggara memerhatikan nilai kesucian yang dapat menyinggung perasaan umat beragama," kata dia.

Tak ingin hal ini menjadi polemik, promotor lantas memindahkan panggung yang sudah 70% dibangun di Prambanan dan memindahkannya ke Stadion Kridosono, Kota Baru, Yogyakarta.

“Kalau ini jadi polemik, kami enggak mau Yogya dan Indonesia jadi bad image karena ada polemik. Setelah dihitung bisa enggak dipindah ke stadion H-2,” ujar Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication pada jumpa pers di Hyatt Regency, Yogyakarta, Kamis sore.

Beruntung para pengisi acara baik dalam dan luar negeri mau menerima perpindahan lokasi konser ini. “Kami putuskan untuk pindah dan komunikasikan ke Dream Theater dan sangat memahami yang kami alami,” katanya.

Dream Theater akan manggung di festival rock JogjaRockarta yang akan digelar di Stadion Kridosono selama dua hari yakni tanggal 29 dan 30 September 2017 esok.

Selain Dream Theater, JogjaRockarta juga akan menampilkan musisi rock Tanah Air. Mereka adalah Godbless, Power Metal, Roxx, Pas Band, Burgerkill, Death Vomit, Something Wrong, dan Kelompok Penerbang Roket.

Artikel ini telah dimuat di Kompas.com dengan judul Ini Sebabnya Konser JogjaRockarta Batal Digelar di Candi Prambanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru