Duh! Malware Joker kembali berulah, segera hapus 7 aplikasi Android ini supaya aman

Sabtu, 20 November 2021 | 11:30 WIB Sumber: Phone Arena
Duh! Malware Joker kembali berulah, segera hapus 7 aplikasi Android ini supaya aman


APLIKASI ANDROID - JAKARTA. Duh! Malware Joker kembali berulah, segera hapus 7 aplikasi Android ini supaya lebih aman. Malware Joker ini dapat menyedot uang Anda dengan cara berlangganan layanan tertentu yang mahal tanpa sepengetahuan pengguna.

Seperti yang kita ketahui, teknologi pada dasarnya membantu kita untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dengan mudah. Diantaranya seperti teknologi smartphone dan internet yang berkembang begitu pesat saat ini. 

Berkat smartphone, Anda dapat melakukan berbagai hal, termasuk melakukan berbagai macam transaksi ketika melakukan pembelian lewat platform tertentu. Namun demikian, ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan teknologi demi kepentingan mereka sendiri.

Baca Juga: PUBG Mobile versi 1.7 sudah tersedia, berikut deretan konten hingga gameplay terbaru

Memanfaatkan malware Joker, oknum yang tidak bertanggung jawab ini dapat mengambil uang si korban dengan cara berlangganan layanan tertentu tanpa diketahui sebelumnya. Mengerikannya lagi, mereka menyusup ke ponsel si korban lewat beberapa aplikasi Android.

Mengutip dari PhoneArena, analis malware dari perusahaan keamanan Kaspersky telah menemukan beberapa aplikasi Android di Google Play Store yang terinfeksi malware tersebut.

Analis malware dari Kaspersky yang bernama Tatyana Shiskova telah menemukan setidaknya 7 aplikasi Android yang membawa malware Joker. 7 Aplikasi tersebut cukup berbahaya bagi kesejahteraan finansial Anda, karena dapat berlangganan layanan tertentu tanpa sepengetahuan.

 

Beberapa aplikasi tersebut sebenarnya telah dihapus dari Google Play, namun demikian bukan berarti para korban telah menghapusnya dari HP yang mereka gunakan.

Cek apakah HP Android Anda terpasang 7 aplikasi yang membawa malware Joker tersebut? Berikut daftarnya:

7 Aplikasi Android yang membawa malware Joker:

Aplikasi Android disisipi malware joker

  1. Now QRcode Scan
  2. EmojiOne Keyboard
  3. Battery Charging Animations Battery Wallpaper
  4. Dazzling Keyboard
  5. Volume Booster Louder Sound Equalizer
  6. SUper Hero-Effect
  7. Classic Emoji Keyboard

Miris, salah satu aplikasi di atas, yakni EmojiOne Keyboard telah diunduh dan diinstal lebih dari 50.000 kali. Bila menemukan satu dari 7 aplikasi di HP Android yang sering digunakan, segeralah hapus untuk memastikan keamanan Anda.

Baca Juga: Advance server FF November 2021 resmi dibuka, begini cara daftarnya hingga jadwal

Lalu bagaimana cara mengantisipasi malware Joker atau yang lainnya supaya tidak menyerang smartphone atau ponsel pintar kita?

Cara menghindari serangan malware

Untuk menghindari serangan malware, pastikan Anda membatasi aplikasi yang diinstal dari pengembang atau developer yang tidak dikenal. Beberapa aplikasi tersebut umumnya tersebar di internet lewat situs yang tidak dikenal atau sumber penyedia aplikasi selain Play Store. 

Meskipun mungkin beberapa aplikasi yang mengandung malware lolos di Google Play Store, pastikan Anda membaca review atau ulasannya terlebih dahulu. Bila aplikasi tersebut mendapatkan bintang yang banyak serta ulasan yang bagus, kemungkinan masih aman untuk diunduh dan diinstal.

Selain itu, jangan mudah tergiur akan tawaran-tawaran yang sumbernya tidak jelas di internet. Hal tersebut kemungkinan dapat mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs yang mengharuskan download dari sumber yang tidak dikenal.

Selanjutnya: Daftar cheat GTA San Andreas Definitive Edition PC, lengkap cara menggunakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru